Share

IKN Pindah, Anak Buah Sri Mulyani Buka-bukaan Aset Rp300 Triliun di Jakarta

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 470 2539501 ikn-pindah-anak-buah-sri-mulyani-buka-bukaan-aset-rp300-triliun-di-jakarta-ldGL5Ruxqj.jpg Aset Negara di Jakarta Capai Rp1.400 Triliun. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mencatat total aset pemerintah di Jakarta mencapai Rp1.400 triliun.

Direktur Barang Milik Negara DJKN Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan, aset yang bisa dimanfaatkan setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah baru sekitar Rp300 triliun.

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Negara Digagas Soekarno, Direalisasikan Jokowi

"Kira-kira yang bisa kita manfaatkan plus minusnya Rp300 triliun, ini nilai asetnya. Itu kenapa Rp300 triliun juga , belum Istana Negara dan kuburan," kata Encep Sudarwan dalam video virtual, Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Kata dia, aset pada IKN bisa bertambah, karena merupakan hasil sementara. Pemanfaatan aset ini nantinya akan dipetakan pengelolaannya dengan 6 model seperti disewakan atau dikerjasamakan.

"Kita bisa menggunakan kalau sudah tidak dipakai, tidak mungkin tahun ini juga karena masih dihitung," katanya.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Jakarta Hilang Status sebagai Ibu Kota Negara?

Dia menambahkan ada juga kemungkinan untuk menggabungkan tempat kerja dari kementerian/lembaga yang telah dipindahkan. Sehingga pemanfaatannya bisa makin optimal.

"Jadi sedang kita kaji lagi metode pemanfaatannya," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini