Share

Ahok Yakin Pertamina Masih Untung Rp14,3 Triliun meski Pertamax Tak Naik

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 10 Februari 2022 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 320 2545450 ahok-yakin-pertamina-masih-untung-usd1-miliar-meski-pertamax-tak-naik-m1DJwznjp2.jpg Harga Pertamax Diisukan Akan Naik. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan Pertamina tetap untung meski tidak menaikkan harga BBM jenis Pertamax. Pria yang biasa disapa Ahok memprediksi bahwa Pertamina masih mendapatkan keuntungan di atas USD1 miliar atau setara Rp14,3 triliun (kurs Rp14.353 per USD).

"Kami berharap jika Pertamina nggak boleh naikin harga tahun ini, masih bisalah mencapai keuntungan di atas USD1 miliar," kata Ahok dalam acara DBSI Spring Festival, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: 1.000 Motor BBM Bakal Dikonversi ke Listrik Tahun Ini, dari Mana Dananya?

Menurutnya, pemerintah lebih baik mengubah skema subsidi BBM saat ini agar bisa menghemat banyak devisa. Caranya, skema subsidi BBM berbasis komoditas diganti menjadi subsidi langsung ke pihak yang berhak menerima subsidi.

Baca Juga: Erick Thohir Targetkan 10.000 Pertashop demi Dorong Ekonomi Desa

Ahok memprediksi, dengan mengubah skema subsidi tersebut, maka pertamina bisa untung US$ 4-5 miliar per tahun.

"Bahan bakar subsidi tidak dialihkan ke tambang (komoditas/ BBM), nah mungkin untuk USD4-USD5 miliar harusnya bisa (untung). Jadi harapan saya pemerintah mulai membikin subsidi ke orang langsung," tambahnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Pertamina tengah mengkaji kenaikan harga BBM pertamax. Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Irto Ginting mengatakan, rencana penyesuaian harga ini masih dalam kajian.

"Kami masih mereview untuk penyesuaian tersebut," ujar Irto kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (8/2/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini