Share

Pengusaha Mal Lebih Pede Dampak Omicron Tak Seberat Delta

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 320 2547645 pengusaha-mal-lebih-pede-dampak-omicron-tak-seberat-delta-6DMcVwPRdB.jpg Pengusaha mal ingin PPKM level 3 segera berakhir (Foto: MPI)

JAKARTA — Pengusaha mal meyakini dampak covid-19 varian omicron tidak separah delta. Meskipun naiknya angka kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di DKI Jakarta membuat tingkat kunjungan pusat perbelanjaan atau mal menurun hingga 40%.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja meyakini pandemi gelombang tiga kali ini nasib para pelaku usaha dan pelaku pusat perbelanjaan tidak akan separah varian delta di tahun lalu.

“Penyebaran COVID-19 varian omicron sudah berdampak terhadap tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan sejak sebelum diberlakukan PPKM level 3 yang mana menyebabkan tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan hanya tinggal tersisa tidak lebih dari 40% dibandingkan dengan saat sebelum pandemi,” kata dia, Selasa (15/2/2022).

Menurut Alphonzus, vaksinasi ketiga akan sangat membantu agar PPKM level 3 tidak berkepanjangan sehingga tidak memperburuk kondisi usaha.

“Yang Terdampak pasti ada. Namun kami pelaku Pusat Perbelanjaan tetap optimis bahwa dampak varian Omicron tidak akan seberat seperti pada saat varian Delta karena saat ini tingkat vaksinasi sudah jauh lebih tinggi dibandingkan pada saat varian Delta yang lalu,” ujarnya.

Tak hanya itu, penanganan penyebaran varian Omicron saat ini juga menjadi sangat penting karena terkait erat dengan menjelang bulan Ramadhan yang akan jatuh pada bulan April dan Idul Fitri pada awal Mei.

“Penanganan penyebaran covid- 19 sekaligus juga harus dapat dijadikan langkah untuk mengantisipasi hari raya Idul Fitri yang relatif sudah cukup dekat juga,” urainya.

Dia berharap penerapan PPKM level 3 ini tidak terlalu lama. Dengan begitu sektor ritel tidak akan terlalu terpuruk seperti tahun lalu.

"Pusat Perbelanjaan berharap pemberlakuan PPKM level 3 ini tidak akan terlalu lama agar supaya kondisi usaha tidak terpuruk kembali," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini