Share

Buruh Geruduk Kantor Menaker dan BPJS TK Tolak Aturan JHT, Awas Macet!

Athika Rahma, MNC Portal · Rabu 16 Februari 2022 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 320 2547954 buruh-geruduk-kantor-menaker-dan-bpjs-tk-tolak-aturan-jht-awas-macet-JTKn1gcUHb.jpg Buruh Bakal Demo soal JHT Bisa Diambil di Usia 56 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Serikat buruh seluruh Indonesia berencana menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan, hari ini. Hal ini disampaikan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Dalam aksi nanti, buruh menuntut dua hal, yaitu pencabutan Permenaker No 2 Tahun 2022 dan meminta pergantian Menteri Ketenagakerjaan.

"Aksi ini akan dilakukan mulai pukul 10 WIB sampai selesai. Secara bersamaan, di seluruh wilayah Indonesia akan digelar aksi di depan Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan," ujar Said dalam pernyataannya, Rabu (16/2/2022).

Seperti diketahui, Permenaker No 2 Tahun 2022 mengatur tentang batas usia pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT), dimana peserta baru bisa mengklaim 100% JHTnya pada usia 56 tahun.

Menurut Said Iqbal, kebijakan ini menambah beban pekerja yang masih menghadapi ketidakpastian di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Serikat pekerja menilai, kebijakan Menaker ini bukan hanya sekali menyakitkan hati buruh. Sebelumnya, kebijakannya yang lain seperti Omnibus Law dan penerapan PP No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan juga tidak pro buruh.

"Menteri ini tidak bisa bekerja dengan baik. Bisa dikatakan ini menteri terburuk," tandas Said.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini