Share

Anak Usaha Adhi Karya Mau IPO, Intip Prospek Saham Properti

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 278 2548895 anak-usaha-adhi-karya-mau-ipo-intip-prospek-saham-properti-IM65gSo19k.jpg Rencana IPO Adhi Commuter Properti. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Adhi Commuter Properti (ADCP), anak usaha Adhi Karya direncanakan melantai di BEI pada akhir bulan ini. ADCP dinilai memiliki potensi besar untuk terus melaju kencang pasca -rencana IPO seiring dengan dukungan kuat dari Adhi Karya sebagai induk usaha dan potensi pasar properti yang besar.

Analis Emiten Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada mengungkapkan, langkah IPO yang dilakukan ADCP pada awal tahun ini mendorong pengembangan dan penyelesaian proyek-proyeknya. Prospek bisnis ADCP bagus mengingat konsep propertinya yang terintegrasi langsung dengan moda transportasi yang ditawarkan properti ADCP saat ini belum dimiliki oleh pengembang apartemen yang lain.

Baca Juga: Bakal IPO, Sepeda United (BIKE) Incar Dana Segar Rp54,9 Miliar

"Kalau apartemen dekat dengan stasiun selama ini memang sudah banyak tetapi yang tehubung langsung belum ada. Selain itu, dalam dua tahun belakangan animo investor di pasar modal juga meningkat, kemungkinan ADCP memanfaatkan momentum ini. Jadi saya kira prospeknya baik meski tetap investor akan melihat kembali kinerja ADCP," katanya, Kamis (17/2/2022).

Meski demikian, Reza menyebut dampak dari dana IPO akan terlihat dalam satu hingga dua tahun ke depan. Namun, ADCP tentunya memiliki ragam opsi penguatan pendanaan lain.

Baca Juga: Oversubscribed, Saham Nusantara Berkah (NTBK) Sentuh ARA

Reza mengharapkan dengan penguatan pendanaan yang dilakukan ADCP saat ini, pengembangan pada setiap proyek pun dapat terus berlanjut. Misalnya, dengan menambah sejumlah properti komersial seperti mall atau area perkantoran pada setiap proyeknya. Hal itu, nantinya akan lebih meningkatkan mobilitas dan kegiatan masyarakat sehingga memberi dampak pada kinerja perseroan.

Selain itu, dukungan dari induknya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) tentunya sedikit banyak juga akan memberikan kontribusi terhadap prospek ADCP. Apalagi Adhi Karya selama ini cukup dikenal sebagai perusahaan kontruksi yang memiliki proyek-proyek besar.

Terkait prospek ADCP, sebelumnya, Lembaga Pemeringkat PEFINDO menegaskan peringkat “idBBB” kepada Adhi Commuter Properti untuk Obligasi I Tahun 2021 Seri A senilai Rp491 miliar. Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat dari ADHI, captive market dari komuter Light Rail Transit (LRT) dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), dan kualitas aset yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini