Share

Morgan Stanley: The Fed Akan Naikkan Suku Bunga Enam Kali

Antara, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 278 2549152 morgan-stanley-the-fed-akan-naikkan-suku-bunga-enam-kali-E2m4WiZXA0.jpg The Fed Diprediksi Akan Naikkan Suku Bunga 6 Kali. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

NEW YORK - Morgan Stanley memprediksi Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga enam kali tahun ini, dengan besaran 150 basis poin. Prediksi ini pun meningkat lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Bank-bank investasi besar telah memperkirakan kenaikan suku bunga yang semakin kuat terjadi tahun ini. Apalagi data inflasi meningkat lebih dari perkiraan, menjadi tekanan The Fed untuk mengambil sikap yang lebih tegas terhadap kenaikan harga.

Baca Juga: Sri Mulyani Hati-Hati Terbitkan SBN Valas di 2022, Kenapa?

"Menyusul perubahan baru-baru ini pada prospek inflasi kami, kami sekarang memperkirakan The Fed akan memberikan total enam kenaikan 25 basis poin tahun ini," tulis Kepala Ekonom Morgan Stanley AS Ellen Zentner, dikutip dari Antara, Jumat (18/2/2022).

Menurut Morgan Stanley, The Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan Maret, diikuti oleh kenaikan 25 basis poin tambahan pada Mei, Juni dan Juli, dengan dua kenaikan pada September dan Desember.

Baca Juga: IHSG Pekan Depan Dibayangi Ketidakpastian, Pasar Soroti Suku Bunga The Fed

Data pekan lalu menunjukkan harga konsumen AS naik pada laju tercepat sejak awal 1980-an, memicu spekulasi pasar untuk kenaikan besar-besaran 50 basis poin dari pertemuan Fed 15-16 Maret.

Morgan Stanley sebelumnya mengatakan 125 basis poin pengetatan kebijakan tahun ini akan "tepat".

Target efektif suku bunga dana Fed saat ini adalah 0-0,25%.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini