Share

Rusia Serang Ukraina, Ini Sumber Kekayaan Vladimir Putin! Presiden Terkaya Dunia yang Punya Harta Fantastis

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 455 2552608 rusia-serang-ukraina-ini-sumber-kekayaan-vladimir-putin-presiden-terkaya-dunia-yang-punya-harta-fantastis-oJyRsmwMHc.jpg Sumber Kekayaan Vladimir Putin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sumber kekayaan Presiden Rusia Vladimir Putin akan diulas dalam artikel ini. Nama Putin kini menjadi perbincangan setelah negaranya Rusia menyerang Ukraina.

Lalu berapakah harta kekayaaan Putin?

Melansir Business Insider, Jakarta, Kamis (24/2/2022), tidak diketahui pasti harta kekayaan Putin. Namun, dia disebut-sebut sebagai Presiden terkaya di dunia dengan estimasi kekayaan USD70 miliar atau Rp1.001 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Namun dalam laporan lainnya kekayaan Putin melebihi harta orang terkaya di dunia Jeff Bezos yang merupakan CEO Amazon. Tercatat harta Jeff Bezos mencapai USD188,7 miliar atau Rp2.698 triliun.

Memang Putin yang terkenal tertutup ini juga dikabarkan merahasiakan kekayaan bersihnya.

Mantan CEO Hermitage Capital Management Bill Browder, penentang Putin memperkirakan kekayaan bersih Putin mencapai USD200 miliar (Rp2.860 triliun).

"Jadi mengapa kita tidak bisa menentukan kekayaan bersih Putin dengan pasti? Panama Papers 2015 mengungkapkan bahwa Putin dapat mengaburkan dan meningkatkan kekayaannya melalui proxy," kata dia.

"Putin menyimpan uangnya di Barat dan semua uangnya berpotensi terkena pembekuan dan penyitaan aset," sambungnya.

Mengenai gaji, Putin mengumumkan bahwa penghasilannya telah bertambah sebesar 1,1 juta rubel (sekira Rp225 juta) pada 2019, meningkatkan pendapatan bersihnya tahunannya menjadi 9,7 rubel (sekira Rp1,98 miliar).

Putin juga mengumumkan kepemilikan dua apartemen (meski saat ini hanya satu yang digunakan), tiga kendaraan buatan Rusia (dua GAZ-M21 dan Lada Niva), dan sebuah trailer 'Skif' (juga dibuat di Rusia). Semua properti Putin terletak atau berada di Rusia.

Pada 2015, Putin mengklaim bahwa dia tidak mengetahui gajinya, yang jauh lebih rendah dari gaji resmi presiden Amerika Serikat (AS) sebesar USD400.000 (sekira Rp5,9 miliar).

“Mereka hanya memberikannya kepada saya, dan saya menyimpannya di rekening saya,” katanya sebagaimana dilansir RT.

Terlepas dari gaji enam digit, beberapa orang mengklaim bahwa penghasilan sebenarnya Putin sebenarnya jauh lebih tinggi, dan kekayaan bersihnya mencapai miliaran dolar.

Sementara itu, laporan lain dari kubu oposisi Rusia menyebut kekayaan orang nomor satu di Rusia itu mencapai sekitar Rp3.066 triliun.

Sebagai Presiden Rusia, kediaman resmi Putin adalah Kremlin Moskow. Namun, dia menghabiskan sebagian besar waktunya di kediaman pemerintah pinggiran kota di luar kota yang disebut Novo-Ogaryovo.

 Dia dilaporkan memiliki akses ke 20 istana dan vila yang berbeda. Catatan resmi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh Kremlin akan membuat semua percaya bahwa Putin memiliki portofolio real estate yang sangat sederhana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini