Share

Bisnis Datangkan Cuan, Ratusan Sarang Lebah Bernilai Ratusan Juta Dicuri

Selasa 01 Maret 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 455 2554448 bisnis-datangkan-cuan-ratusan-sarang-lebah-bernilai-ratusan-juta-dicuri-zVVIlsbp5L.jpg Bisnis Sarang Lebah Meningkat. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Bisnis ternak lebah sedang meningkat. Namun tingkat pencurian sarang lebah pun meningkat.

Peternak lebah di Amerika Serikat (AS) memindahkan bertruk-truk lebah madu ke California. Lebah tersebut disewakan ke para petani untuk menyerbuki tanaman almond mereka yang sangat berharga.

Tetapi ketika bunga-bunga almond mulai bermekaran, maka dimulailah musim pencurian sarang lebah yang telah begitu sering terjadi, sampai-sampai peternak lebih berpaling ke teknologi untuk melindungi koloni lebah mereka.

Selama beberapa pekan ini, lebih dari 300 sarang lebah bernilai puluhan ribu dolar dilaporkan dicuri di San Joaquin Valley. Sekitar 384 lainnya lenyap dari ladang di Mendocino County, sebelah utara San Francisco, yang mendorong asosiasi peternak lebah negara bagian itu menawarkan imbalan 10 ribu dolar untuk informasi yang mengarah pada penemuan kembali sarang lebah tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Sugiyono Terlilit Utang Rp1,5 Triliun dari Bisnis Semut Rangrang, Harus Lunas dalam 4 Tahun

“Sulit menjelaskan bagaimana rasanya merawat sarang lebah sepanjang tahun lalu sarang itu dicuri,” tulis Peternak Lebah Claire Tauzer, dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (1/3/2022).

Sarang lebah Tauzer Apiaries yang disewa untuk penyerbukan tanaman, diletakkan di sebuah kebun di Woodland, California, Selasa, 15 Februari 2022. Sekitar seribu kotak sarang lebah senilai ratusan ribu dolar telah dilaporkan dicuri di California beberapa minggu terakhir.

Beberapa hari kemudian, dia mengatakan seorang informan anonim membantu pihak berwenang menemukan kotak-kotak berisi lebah, 32 kilometer dari sebuah properti desa. Seorang tersangka ditangkap.

Baca Juga: Viral! Ibu Ini Jual Gorengan ala Nyi Blorong

Pencuri biasanya adalah peternak lebah atau orang yang terbiasa dengan pengangkutan lebah, bekerja pada malam hari sewaktu serangga itu tidak begitu aktif.

"Kami menyewakan sarang lebah ke para petani dan lebah kami benar-benar melakukan penyerbukan sehingga buah almond dapat diproduksi. Almond 100% bergantung pada penyerbukan oleh lebah madu,” ujar Claire Tauzer dari Peternakan Lebah Tauzer.

Pasokan lebah yang terbatas dan membubungnya ongkos menyewa sarang lebah untuk penyerbukan, melonjak dari sekitar USD40 dua dekade silam menjadi USD230 per sarang lebah tahun ini, kemungkinan besar mendorong para peternak lebah berbuat curang.

Permintaan akan lebah terus meningkat pada periode tersebut, sementara popularitas global kacang almond yang sehat dan renyah mengubah California menjadi produser almond terbesar dunia.

Seiring dengan itu, luas lahan yang digunakan untuk menanam almond meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar 526 ribu hektare. Peternak lebih menyesuaikan pertumbuhan itu dengan meningkatkan ketersediaan sarang lebah.

Tahun ini, survei terhadap peternak komersial memperkirakan akan perlu 90% koloni lebah madu di AS untuk menyerbuki semua tanaman di kebun almond.

Tetapi populasi lebah terkenal sangat tidak stabil, dan mereka terganggu oleh banyak masalah, mulai dari berkurangnya habitat, insektisida dan penyakit.

"Sulit sekali bagi peternak lebah profesional seperti kami untuk mempertahankan koloni ini aktif. Dan ini sekarang semakin sulit, yang memuat pencurian semakin banyak di industri kami. Perlu waktu lebih dari setahun untuk membangun koloni yang sehat dan begitu itu dicuri dari kami, ini bukan sesuatu yang dapat kami gantikan dengan mudah,” tulis Claire Tauzer.

Kekeringan yang melanda negara bagian-negara bagian di Barat Amerika musim panas lalu juga mengurangi koloni lebah, membuat mereka tidak memiliki serbuk sari bergizi dan nektar dari bunga-bunga liar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini