Share

Masjid At-Thohir Diresmikan Jokowi, Erick Thohir: Sarana Merekatkan Umat Islam

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Rabu 09 Maret 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 320 2559087 masjid-at-thohir-diresmikan-jokowi-erick-thohir-sarana-merekatkan-umat-islam-RKy0TIKHS6.jpg Presiden Jokowi Bersama Menteri Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid At-Thohir yang terletak di daerah Tapos, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Rabu (09/03/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi berharap kehadiran masjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman, di samping sebagai tempat ibadah umat Islam.

“Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik,” ujar Presiden seperti dikutip laman Setkab.

Selain itu, Presiden juga berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama, sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Kepala Negara menambahkan, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

“Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah,” tambahnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir mengatakan bahwa pembangunan masjid ini merupakan wujud nyata bakti anak kepada orang tua. Garibaldi pun berharap keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas seperti pesan mendiang Mochamad Thohir.

“Kami sangat berharap agar Masjid At-Thohir ini akan memberi peran penting dan bermanfaat luas, dan juga bisa memakmurkan masyarakat luas seperti pesan almarhum kepada kami,” ucap Giraldi. 

Sedangkan itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengucap syukur dengan adanya peresmian Masjid tersebut

“Alhamdulillah, hari ini Masjid At Thohir diresmikan Bapak Presiden Haji Joko Widodo Ini kami bangun untuk mewujudkan salah satu cita-cita Bapak kami: mendirikan sebuah masjid. Selain menjadi sarana ibadah dan dakwah, juga sarana merekatkan ukhuwah umat Islam,” tuturnya.

“Masjid At-Thohir adalah tanda bakti kami kepada almarhum Bapak kami, Haji Muhammad Thohir. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat untuk menghidupkan masjid ini. Agar dapat memberikan sebesar-besarnya manfaat buat masyarakat,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini