Share

Bangun 7 Sentra Kuliner, KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 320 2560263 bangun-7-sentra-kuliner-kkp-tingkatkan-konsumsi-ikan-masyarakat-QKhuTflO0q.jpg KKP Bangun Sentra Kuliner Ikan. (foto; Okezone.com/KKP)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan membangun 7 sentra kuliner ikan di Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional dan membantu masyarakat dalam pemasaran produk dan kuliner ikan.

Adapun pembangunan sarana dan prasarana pemasaran ikan termasuk sentra kuliner ikan, merupakan salah satu program KKP yang diamanatkan melalui Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Baca Juga: Raup Cuan dari Ikan Louhan di Tengah Pandemi Covid-19

Salah satu sentra kuliner ikan yang sudah jadi di Bondowoso. Sentra kuliner ikan Kabupaten Bondowoso dibangun di atas lahan seluas 1.829 m2, terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan mencapai 858 m2. Sentra kuliner ikan ini telah diresmikan KKP pada Rabu, 9 Maret 2022.

"Kami berharap sentra kuliner ini dipelihara, dirawat dan dimanfaatkan secara optimal agar memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Artati Widiarti, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Siap Bermitra Wujudkan Ekosistem Laut Berkelanjutan, Siapa Minat?

Artati mengatakan, pada 2021, KKP telah membangun 7 Sentra Kuliner Ikan. Tujuan pembangunan Sentra Kuliner Ikan adalah meningkatkan minat untuk mengonsumsi ikan sekaligus membantu UMKM dalam pemasaran produk dan kuliner ikan, serta menjadi sentra edukasi, promosi dan rekreasi.

Kabupaten Bondowoso sengaja dipilih lantaran tingkat konsumsi ikan masyarakat di wilayah ini baru mencapai 20,87 kg/kapita setara ikan utuh segar di tahun 2020. Angka ini masih di bawah rata-rata konsumsi Provinsi Jawa Timur yaitu 41,44 kg/kapita setara ikan utuh segar.

Melalui sentra kuliner ini, Artati juga berharap semakin mendekatkan ikan dengan masyarakat Bondowoso yang jauh dari laut. Dan menempatkan sentra kuliner ini di lokasi Ponpes agar menjadi ajang pembelajaran berwirausaha untuk para santri yang ikut mengelola, sekaligus setelah lulus nanti para santri ini bisa membantu menyosialisasikan manfaat mengonsumsi ikan melalui dakwahnya kelak.

"Kita bangun sentra kuliner dengan suasana yang nyaman dengan harapan yang makan di sini senang dan pengin balik lagi bawa teman, keluarga. Jadi biar makin banyak yang makan ikan," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan. Selain baik bagi tubuh, mengonsumsi ikan juga bagus untuk perkembangan otak sekaligus meningkatkan kecerdasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini