Share

IPO GoTo, Simak Analisa Sahamnya di Sini

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 278 2562394 ipo-goto-simak-analisa-sahamnya-di-sini-BNvDmuJT9o.jpg IPO GoTo Gojek Indonesia di BEI. (Foto: Okezone.com/Yulianto)

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melepas sahamnya ke publik melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Head of Business Development PT FAC Sekuritas Indonesia, Kenji Putera Tjahaja mengatakan, jika di compare dengan sebelumnya jelas tidak apple-to-apple karena GoTo punya beberapa kelebihan.

Baca Juga: GoTo Mau IPO, Harga Saham Ditawarkan Rp316-Rp346

"Kalau dari fundamental kita tahu perusahaan-perusahaan startup sendiri challenging yang melantai di bursa dunia itu dalam keadaan masih rugi, secara old economy emang ga masuk," kata Kenji dalam Power Breakfast IDX, Rabu (16/3/2022).

Namun, secara new economy menurut Kenji GoTo akan menarik. Secara profil risiko juga, jika para investor tidak terbiasa saham new economy, pasti hitungannya tidak akan masuk.

Baca Juga: IPO, WIR Asia Incar Dana Segar Rp408 Miliar

"Kalau dari sisi bisnisnya mengeluarkan hak suara baru supaya manajemen bisa direct ke bisnisnya mereka," kata dia.

Market Cap GoTo memang akan lebih besar dari salah satu bank BUMN, namun Kenji menekankan supply dan demand kedepannya.

Dari IPO ini, GoTo berpotensi meraup dana jumbo sebesar Rp17,99 triliun dengan melepaskan sebanyak 52 miliar lembar saham di kisaran harga Rp316 hingga Rp 346 per lembar saham. Sementara kapitalisasi pasar GoTo diperkirakan mencapai antara Rp376,6 triliun sampai Rp413,7 triliun.

Meski harga yang ditetapkan terkesan lebih murah dibanding BUKA saat IPO, nasib GoTo diperkirakan tidak akan jauh berbeda dari saham rivalnya tersebut. Sejak IPO, saham BUKA telah turun drastis dari Rp 850 hingga saat ini berada pada posisi terendahnya di level Rp 276.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini