Share

UMKM Naik Kelas, Menteri Bahlil Minta Erick Thohir Tambah Jumlah KUR

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 320 2564138 umkm-naik-kelas-menteri-bahlil-minta-erick-thohir-tambah-jumlah-kur-KRqhChnjRj.jpg Menteri Bahlil Minta KUR Ditingkatkan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) masih kurang jika ingin berharap UMKM naik kelas.

"Pak Erick, tadi mereka sampaikan, kurang itu kalau KUR," ujar Bahlil dalam sambutannya pada acara Forum Dialog Bisnis - Sidang Dewan Pleno BPP HIPMI 2022, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Kini UMKM Dipermudah Dapat Pembiayaan

Bahlil mengatakan, seharusnya KUR untuk para pelaku usaha bisa ditambahkan agar mereka lebih cepat untuk berkembang menjadi UMKM yang naik kelas. Sebab ketika UMKM naik kelas, tentunya akan menambah juga jumlah lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Menurut Bahlil pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di topang oleh tingkat konsumsi masyarakat, bukan dari investasi. Sehingga ketika banyak masyarakat yang sudah memiliki penghasilan, tentunya akan meningkatkan juga konsumsi di masyarakat.

Baca Juga: Dukung UMKM Go Export, Menko Airlangga Tinjau Industri Pengalengan Makanan di Yogyakarta

"Karena bagi mereka KUR itu UMKM yang menengah, mereka ini mau naik kelas, jadi kalau bisa Kredit sudah bisa Rp30 sampai 50 miliar, cuma mereka tadi malu saja mau ngomong," kata Bahlil.

Bahlil berharap dengan meningkatnya jumlah KUR yang diberikan bisa menjadi sebuah pijakan untuk para UMKM bisa naik satu tingkat dari yang sebelumnya UMKM kelas menengah.

Disamping itu Bahlil menjelaskan, syarat negara maju yang keluar dari pendapatan menengah, syarat PDB atau perkapitanya USD10 ribu, sedangkan Indonesia baru memiliki pendapatan sekitar USD4 ribu.

"Untuk menciptakan ke sana hari menciptakan tenaga kerja," pungkas Bahlil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini