Share

Tak Lagi Impor, Menko Luhut: APBN Akan Bermanfaat jika Beli Produk Buatan Indonesia

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567724 tak-lagi-impor-menko-luhut-apbn-akan-bermanfaat-jika-beli-produk-buatan-indonesia-PD3wnWUhNQ.jpg Menko Luhut Dorong Belanja Produk Lokal. (Foto: Okezone.com/Marves)

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mendorong kementerian dan lembaga membeli produk artisan UMKM dalam rangka mendorong Gerakan Nasional Bangga Butan Indonesia (Gernas BBI).

Menurutnya, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan meningkat dan bermanfaat jika dialokasikan dan dikembangkan melalui sejumlah program unggulan Indonesia ini.

Baca Juga: Jokowi Jengkel Semua Serba Impor: Dari Seragam hingga Pensil

“Saya berpesan kepada seluruh Kemeneterian dan Lembaga serta Kepala Daerah agar menjadikan aktivitas belanja produk dalam negeri menjadi gaya hidup belanja pemerintah, dengan begitu APBN kita akan bermanfaat seluruhnya untuk produk buatan Indonesia,” kata Luhut dalam akun Instagram, Jumat (25/3/2022).

Seluruh aksi afirmasi terhadap belanja produk dalam negeri hari ini, mengerucut pada satu implementasi besar yaitu mendorong sebanyak-banyaknya UMKM masuk ke e-katalog dan toko daring.

Baca Juga: Jengkel! Jokowi Ancam Reshuffle Menteri yang Masih Pakai Barang Impor

“Mengingat data yang saya dapat dari LKPP bahwa sejak awal diluncurkan udah ada 50 ribu produk dalam negeri yang masuk ke e-katalog, kemudian meloncat jumlahnya menjadi 200 ribu PDN dan bukan hal yang mustahil jika akhir tahun ini bisatembus lebih dari 1 juta produk yang tampil di e-katalog LKPP,” urainya.

Dengan begitu,masuknya banyak UMKM daerah ke e-katalog, akan mempermudah pengadaan barang dan jasa di tingkat pemerintah daerah juga dapat mempercepat realisasi belanja.

“Tak hanya itu, ini akan mengurangi praktik korupsi yang seringkali terjadi lewat pengadaan barang dan jasa,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini