Share

Kenapa Kita Harus Bayar Pajak? Simak Penjelasan dan Manfaatnya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 320 2568577 kenapa-kita-harus-bayar-pajak-simak-penjelasan-dan-manfaatnya-GZoXAXxK6V.jpg Manfaat Bayar Pajak. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pajak memiliki manfaat yang besar untuk negara. Karena itu pembayawan pajak sangat penting untuk dipenuhi setiap warga negara.

Pajak juga menjadi salah satu sumber pemasukan bagi negara. Semakin besar nilai pajak, maka semakin besar pula pemasukan yang bisa diterima oleh negara.

Lantas, apa saja manfaat dari pajak?

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (27/3/2022), pajak memiliki berbagai manfaat. Misalnya dalam membiayai pengeluaran negara. Sebagai contoh, yakni pengeluaran proyek produktif barang ekspor.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pajak Kuat, Indonesia Maju!

Lalu, pajak bermanfaat untuk membiayai pengeluaran reproduktif seperti pengeluaran untuk pertanian dan pengairan.

Kemudian, membiayai pengeluaran yang bersifat non self liquiditing dan non reproduktif. Sebagai contoh, yakni objek rekreasi.

Selain itu, pajak juga bermanfaat untuk membiayai pengeluaran non produktif. Misalnya seperti pengeluaran pertahanan negara.

Baca Juga: Akui Tak Taat Bayar Pajak Selama 35 Tahun, Jusuf Hamka: Saya Ngaku Dosa

Setiap warga negara mempunyai untuk berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Di mana, masyarakat akan memperoleh manfaat dari pajak.

Adapun manfaat yang diperoleh masyarakat seperti fasilitas umum dan infrastruktur, subsidi pangan dan BBM, pertahanan dan keamanan, kelestarian lingkungan hidup dan budaya, dana pemilu, hingga pengembangan alat transportasi massa. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini