Share

ATR Atasi Persoalan Lahan di Ibu Kota Negara

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 470 2568693 atr-atasi-persoalan-lahan-di-ibu-kota-negara-rB2fvBf6av.jpg Masalah Lahan di Ibu Kota Negara. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Wakil Menteri ATR/Waka BPN Surya Tjandra mengatakan, sebelum dilakukan pembangunan IKN, lahan proyek merupakan kawasan hutan. Jadi tidak perlu adanya pengadaan tanah untuk membangun proyek ibu kota.

Namun belakangan terjadi pergeseran kepemilikan lahan, terutama di kawasan sekitar IKN Nusantara.

Surya Tjandra menjelaskan, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mitigasi masalah yang mungkin muncul dalam konteks pertanahan. Menurutnya Kementerian ATR/BPN siap melakukan Kegiatan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (IP4T).

Selain itu, juga dicanangkan beberapa kebijakan untuk mengatasi spekulan tanah di kawasan IKN yang tinggi. Seperti membekukan sementara transaksi pertanahan di kawasan sekitar IKN Nusantara.

Menurut Surya Tjandra menyampaikan, hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo yang mengimbau agar pembangunan IKN didirikan dengan pendekatan ekologi, memperhatikan kemaslahatan manusia, hewan, dan lingkungan sekitar.

Baca Selengkapnya: IKN Nusantara Dibangun, ATR Ungkap Ada Masalah Pertanahan

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini