Share

Bunda Jangan Marah Ya! Harga Pangan Ini Bakal Naik Jelang Bulan Puasa

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569500 bunda-jangan-marah-ya-harga-pangan-ini-bakal-naik-jelang-bulan-puasa-50P6rOf51O.jpg Harga Pangan Jelang Puasa Jadi Sorotan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memantau harga barang pokok jelang Puasa. Adapun barang pokok yang dimonitor seperti beras, jagung, kedelai,bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan minyak goreng.

"Tiap minggu kami memonitor sejumlah komoditas itu bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten. Kita juga memiliki numerator dihampir semua kabupaten untuk melaporkan," kata Kepala Pusat Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Andriko Noto Susanto dalam diskusi virtual, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: 6 Fakta Buruh Seluruh RI Ancam Demo Besar-besaran jika Harga Minyak Goreng Tak Turun

Andriko berujar, untuk mengantisipasi kenaikan harga yang melonjak drastis, pihaknya sudah menyiapkan early warning manakala ada kecenderungan naiknya harga barang pokok.

"Early warningnya sudah kita bangun. Seperti sekarang ini sebenarnya early warning daging ayam sudah mulai agak naik," imbuhnya.

Baca Juga: Harga Cabai Meroket Tembus Rp100.000/Kg, Nyaris Seharga Daging Sapi

Dia mengatakan, tiap tahun tren harga barang pokok pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan hanya delta harganya.

"Kita memonitor harga ini sudah bertahun-tahun. Tren harga pada tahun ini, dengan tren harga pada tahun lalu itu kecenderungannya sebenarnya hampir mirip. Menjelang hari lebaran nanti biasanya daging ayam yang harganya cenderung akan naik," beber Andriko.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini