Share

Harga Daging Sapi dan Ayam Naik Jelang Ramadan, Badan Ketahanan Pangan Bisa Apa?

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569672 harga-daging-sapi-dan-ayam-naik-jelang-ramadan-badan-ketahanan-pangan-bisa-apa-dtwjOX7Bk1.jpg Harga Daging Sapi Kerap Naik Jelang Puasa dan Lebaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tren kenaikan harga barang pokok terus terjadi, apalagi menjelang Puasa dan Lebaran. Untuk itu, Kepala Pusat Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Andriko Noto Susanto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan mitigasi untuk mengendalikan lonjakan harga.

"Tiap tahun tren harga barang pokok pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan hanya delta harganya. Menjelang hari lebaran nanti biasanya daging ayam yang harganya cenderung akan naik," beber Andriko, dalam diskusi virtual, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Polri Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Ramadan

Sehingga, kata dia, perlu upaya mitigasi. Adapun mitigasi yang sudah ia lakukan, berkomunikasi dengan Asosiasi Pedagang Pasar.

"Sebenarnya harga naik itu kalau barang di pasar sedikit. Tapi ketika nanti kita pasok barangnya banyak, harapannya harganya bisa stabil. Begitupun dengan daging sapi. Itu langkah-langkah yang kita kerjakan," jelas Andriko.

Baca Juga: Lapor ke DPR, Mentan Sebut Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadan

Lebih lanjut, dia menyampaikan, pihaknya juga memastikan mendatangkan sapi-sapi hidup dari sentra bekerjasama dengan ID Food dan stakeholder terkait.

Sambung Andriko, khusus kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, pihaknya manargetkan 5.000 ekor akan masuk ke rumah potong sehingga dengan jumlah tersebut, harganya bisa dikendalikan agar tidak terlalu tinggi.

"Kami memastikan bahwa sapi hidup itu datang di titik rumah potong yang nanti menjadi potongan-potongan daging," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini