Share

Luhut Ambil Untung dari Perang Rusia-Ukraina untuk Kemajuan Ekonomi

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Rabu 30 Maret 2022 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 320 2570101 luhut-ambil-untung-dari-perang-rusia-ukraina-untuk-kemajuan-ekonomi-so8TSytZuy.jpg Menko Luhut Ambil Untung dari Perang Rusia-Ukraina. (Foto: Okezone.com/Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia harus dapat memanfaatkan gejolak Covid-19 dan perang antara Rusia-Ukraina dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Di masa yang penuh gejolak ini, Indonesia harus mampu memainkan perannya dengan baik. Kita melihat adanya berbagai pertumbuhan ekonomi yang justru semakin naik,” kata Luhut, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Daftar Perusahaan yang Beli Minyak Mentah dari Rusia, Pertamina Menyusul?

Luhut menilai, sejumlah kemajuan inovasi di berbagai sektor telah mendorong indonesia untuk melakukan perbaikan dalam industri khususnya di masa pandemi.

“Kemudian inovasi di bidang kesehatan, bahkan adanya perbaikan dalam industri dalam negeri melalui hilirisasi industri. Ini menjadi bukti, bahwa Indonesia dapat memainkan perannya dengan baik walaupun dalam kondisi yang penuh gejolak,” katanya.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Bikin Yuan China Mendunia

Menko Luhut membuktikan berbagai catatan penting tentang pengendalian Covid-19 yang baik, berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mampu mencetak rekor tertinggi terkait kinerja pasar saham.

“Tak hanya itu, terjadinya pengembangan industri besi dan baja di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di wilayah timur yang sebelumnya di dominasi wilayah barat Indonesia,” ujarnya.

Kemudian yang juga menjadi bukti, adanya digitalisasi berbagai sektor industri untuk meningkatkan efisiensi misalnya seperti National Logistic Ecosystem (NLE) yang bertujuan untuk digitalisasi sistem ke pelabuhanan, Sistem Informasi Mineral dan Batubara (SIMBARA), hingga adanya E-Katalog meningkatkan pembelian Produk Dalam Negeri (PDN).

“Jadi sekarang ini Indonesia sudah berbeda dari yang dulu, Indonesia sudah mampu menyelesaikan masalahnya sendiriz Tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi,” urainya.

“Saat ini, Indonesia fokus kepada tantangan pasca pandemi untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045. Kita harus kompak, bersatu, dan memfokuskan pikiran untuk kemajuan bangsa kita,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini