Share

Jadi Ujung Tombak Bangsa, Erick Thohir Minta Generasi Milenial Bangun Optimisme

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 320 2573638 jadi-ujung-tombak-bangsa-erick-thohir-minta-generasi-milenial-bangun-optimisme-mcJFr58n2F.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta anak muda atau kaum milenial membangun optimismenya. Hal ini dikarenakan sebagai modal awal dalam persaingan pasar global yang kian terbuka.

Erick juga meminta generasi muda harus mempersiapkan dan meningkatkan diri di era persaingan saat ini. Menurunnya, generasi muda adalah ujung tombak bangsa Indonesia.

"Generasi milenial ayo bangun optimisme, kita harus membangun dan menjaga ekosistem, dan memastikan kita yang jadi pemenang," ujar Erick dalam acara Pekan Milenial Naik Kelas, Selasa (5/4/2022).

Erick memang kerap menyoroti peran anak muda saat ini, khususnya di era ekonomi digital. Potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar, nilainya ditaksir mencapai Rp4.500 triliun hingga 2030 mendatang. Erick Thohir pun khawatir potensi pasar digital dalam negeri dikuasai bangsa lain.

Untuk menghindari kapitalisasi asing terhadap market digital di Tanah Air, Erick meminta perusahaan pelat merah mendorong generasi muda mengambil peran dalam ekosistem teknologi. Peran ini berupa memfasilitasi ide kreatif milenial yang direalisasikan dalam satu platform digital.

Dia meyakini ide kreatif anak muda mampu menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru atau ekonomi digital. Menurut dia, Indonesia tak cukup hanya mendorong hilirisasi sumber daya alam (SDM), tapi juga memperkuat ekosistem digital.

Dengan kata lain, pertumbuhan makro ekonomi Indonesia juga berdasarkan kemampuan dan kecakapan bangsanya, sehingga harus dorong.

"Ide-ide kreatif ini kita jaga sebagai pertumbuhan ekonomi baru Indonesia. Kita tidak mungkin berdasarkan hanya sumber daya alam saja. Tapi knowledge based economy jadi penting ke depan," tuturnya.

Dalam kerangka ekosistem digital, Erick mencatat, ada 157 startup yang telah didampingi BUMN. Mereka bergerak di sejumlah sektor bisnis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini