Share

Inggris Stop Impor Batu Bara dan Minyak Rusia, Beli di Indonesia Saja?

Athika Rahma, MNC Portal · Sabtu 09 April 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 320 2576008 inggris-stop-impor-batu-bara-dan-minyak-rusia-beli-di-indonesia-saja-JaDb6qX3ce.jpg Inggris Stop Impor Minyak dari Rusia. (Foto: Okezone.com/SKK Migas)

JAKARTA - Inggris resmi menghentikan impor batu bara dan minyak dari Rusia tahun ini. Ke depannya, Inggris berencana memutus impor gas dari negara tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss pada 6 April lalu. Keputusan penghentian impor ini ditetapkan menyusul serangan Rusia terhadap Ukraina yang masih berlanjut.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Bikin Batu Bara RI Laris Manis di Eropa

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, Inggris dan mitra internasional bersatu dalam mengutuk tindakan tercela pemerintah Rusia, yang merupakan pelanggaran berat terhadap hukum internasional dan Piagam PBB.

"Sanksi kami baru-baru ini menunjukkan bahwa kami bertekad untuk membuat Rusia membayar mahal atas serangannya terhadap Ukraina. Kami akan terus meningkatkan ini selama agresi Rusia berlanjut," ungkap Jenkins, ditulis Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Harga Emas Terbang Tinggi Dipicu Kekhawatiran Krisis Ukraina

Lanjut Jenkins, pihaknya memuji seruan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi terhadap Rusia untuk segera menghentikan invasi militer yang sedang berlangsung di Ukraina. "Hal ini seiring dengan usaha Inggris yang terus menekan Putin untuk mengurangi eskalasi dan segera kembali terlibat dalam dialog yang berarti," ungkapnya.

Selain sanksi penghentian impor batu bara dan minyak, Inggris juga membekukan aset terhadap Sberbank dan Credit Bank of Moscow. Sberbank adalah bank terbesar di Rusia dan pembekuan ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan AS.

Lalu, Inggris juga melarang langsung pada semua investasi luar baru ke Rusia. Pada tahun 2020, investasi Inggris di Rusia bernilai lebih dari £11 miliar. "Ini akan menjadi pukulan besar lainnya bagi ekonomi Rusia dan semakin membatasi kemampuan masa depan mereka," lanjutnya.

Selain itu, Inggris juga melakukan pelarangan impor produk besi dan baja Rusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini