Share

Hitung-hitungan Kenaikan Biaya Haji Tahun Ini, Jadi Berapa?

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 11 April 2022 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 320 2576872 hitung-hitungan-kenaikan-biaya-haji-tahun-ini-jadi-berapa-4H3FfNn2Ks.jpg Biaya Haji 2022 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekjen DPP Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Farid Al Jawi menyatakan bahwa kemungkinan besar biaya untuk melaksanakan ibadah haji mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut dia, hal tersebut bisa dilihat dari aktivitas umroh yang dilakukan pertama kalinya kemarin pada bulan Januari lalu yang juga mengalami peningkatan dari segi biaya.

"Menurut analisa kami ada kenaikan sebesar 10-15% karena untuk protokol kesehatan sudah banyak berkurang, diantaranya adalah karantina sebelum keberangkatan dan setelah keberangkatan," ujar Farid dalam Market Review IDXChanel Senin (11/4/2022).

Kemudian lanjut dia karantina merupakan hal yang paling banyak menyumbang pada kenakan ongkos untuk melaksanakan umroh pada saat dilakukan pertama kalinya setelah pandemi kemarin.

"Saat ini kan karantina sudah tidak ada, kemungkinan 10-15% kenaikannya, kami berharap kenaikan ini tidak memberatkan masyarakat," sambungnya.

"Kita sudah memberikan infor sedikit tentang kenaikan kepada masyarakat, nanti untuk eksekusinya, ketika pemerintah mengumumkan, kita langsung Menyesuaikan," lanjut Farid.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa akan membuka kuota jamaah haji sebanyak 1 juta jamaah umroh yang dibagi kepada negara-negara mengirimkan jamaahnya.

"Kita apresiasi pemerintah Saudi yang telah memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk menyelenggarakan haji dengan jumlah kuota yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu,' pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini