Share

Warga Berburu Uang Baru Jelang Lebaran 2022

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 25 April 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 320 2584837 warga-berburu-uang-baru-jelang-lebaran-2022-d4tYlsZALD.JPG Warga berburu uang baru untuk Lebaran 2022. (Foto: Okezone)

MALANG - Ratusan warga antusias melakukan penukaran uang pecahan kecil menjelang lebaran.

Penukaran uang pecahan kecil yang diadakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang ini dilakukan secara drive thru di halaman Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Terlihat ratusan warga sudah datang sejak Senin (25/4/2022) pukul 10.00 WIB saat penukaran uang drive thru dibuka.

 BACA JUGA:Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Gelar Lapak di Pinggir Jalan

Para warga yang datang harus terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui aplikasi Pintar sebelum menukarkan uangnya.

Ada sejumlah kendaraan mobil dari beberapa perbankan umum mulai dari Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Jatim, hingga BTN yang melayani penukaran pecahan kecil.

Sebelum masuk ke area halaman Gedung Graha Cakrawala, warga terlebih dahulu dicek bukti pendaftarannya dan langsung diarahkan sesuai bank yang dituju.

Masing-masing warga bisa menukarkan uangnya tanpa perlu harus turun dari kendaraan masing-masing.

Bahkan, bila warga menggunakan mobil petugas akan membantu memberikan uang yang telah ditukarkannya dari masing-masing mobil perbankan yang disiapkan.

Seorang warga Rifky Aditya mengaku cukup terbantu dengan adanya penukaran uang pecahan kecil secara drive thru ini.

 BACA JUGA:Daftar Lokasi Penukaran Uang Baru Melalui Bank Keliling

Dia sendiri menukarkan uang dalam bentuk pecahan kecil Rp2.000 hingga Rp10.000 untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

"Total Rp1,5 juta yang saya tukarkan. Rencananya digunakan untuk lebaran. Di sini prosesnya cepat tidak perlu antre juga," kata Rifky, warga Klojen, Kota Malang kepada MNC Portal Indonesia pagi ini.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi menuturkan, penukaran uang pecahan kecil ini diadakan selama empat hari ke depan dengan lokasi dipusatkan di halaman Gedung Graha Cakrawala UM.

Masing-masing per harinya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang membatasi maksimal 300 orang penukar uang saja, demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita serentak selama empat hari di sini tempatnya. Kita layani masyarakat 300 penukar, karena mitigasi masih Covid pendaftarannya melalui aplikasi Pintar tidak bisa ujug-ujug datang ke sini tanpa aplikasi, ini filter kita untuk mitigasi dan penyesuaian kondisi yang ada," ucapnya.

Dia menambahkan, masing-masing warga yang menukarkan uang pecahan secara drive thru dibatasi maksimal hanya Rp3,8 juta saja.

Jam operasionalnya pun dibatasi hanya pukul 10.00 - 12.00 WIB selama empat hari sejak Senin 25 April 2022 hingga Kamis 28 April 2022, dan khusus untuk layanan penukaran drive thru di Malang raya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang memusatkannya di Graha Cakrawala UM.

"Kita pilih drive thru seperti ini untuk memenuhi masyarakat atas kebutuhan uang pecahan kecil Rp20.000 sampai Rp2.000. Setiap hari kita batasi 300 dan hampir setiap hari terpenuhi aplikasinya. Jadi kita harapkan masyarakat yang tidak dapat antrian bisa nukarkan di bank-bank yang sudah disiapkan," jelasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini