Share

Intip Persiapan BNI Sulap Bank Mayora Jadi Bank Digital

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 278 2585370 intip-persiapan-bni-sulap-bank-mayora-jadi-bank-digital-6RNIIPVdwc.jpg Persiapan BNI sulap Mayora jadi bank digital. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) hampir rampung mengeksekusi rencana akuisisi PT Bank Mayora sebagai bank digital.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, mitra strategis dalam akuisisi ini yaitu induk Shopee, Sea Ltd, telah sampai pada tahap pengembangan bisnis.

"Akuisisi sudah selesai, kita sekarang lagi membuat/menyusun persiapan untuk pengembangan dan bisnis dari Bank Mayora," kata Royke dalam Public Expose BNI Kuartal I 2022, Selasa (26/4/2022).

Sea Ltd memang belum menjadi pemegang saham dalam akuisisi ini, menurut Royke, BNI masih terbuka untuk menyambut kontribusi dari 60% menjadi 50% untuk tech partnernya itu.

 BACA JUGA:BNI Salurkan Kredit Rp591,6 Triliun di Kuartal I-2022, Naik 5,8%

“Tapi Sea Limited memang belum menjadi pemegang saham Bank Mayora. Tetapi, pada waktu tertentu, kita terbuka untuk terdilusi dari 60% an menjadi 50%an apabila Sea mau terlibat dalam kepemilikan saham," jelas Royke.

Adapun BNI bersama Sea Ltd telah melakukan penyusunan bisnis model maupun mendesain IT bagi Bank Mayora.

Oleh sebab itu, telah terbentuk tim yang berbasis di Indonesia maupun di luar negeri dalam membangun teknologi tersebut.

"Jadi pemilik dari Shopee sudah terlibat di dalam baik penyusunan bisnis modal atau masuk dalam desain IT Mayora, tim sudah terbentuk sudah bekerja baik di Indonesia atau diluar," ungkap Royke.

Perlu diketahui, BNI telah resmi mengumumkan akan mengakuisisi 63,92% Bank Mayora sebagai upaya perseroan untuk mendirikan bank digital. Akuisisi tersebut ditargetkan rampung pada Mei 2022.

 BACA JUGA:BNI Raup Laba Bersih Rp3,96 Triliun, Naik 63,2% di Kuartal I-2022

Skema akuisisi akan dilakukan dengan membeli saham yang sudah ada yang dimiliki International Finance Corporation (IFC) dan mengambil alih saham baru yang akan diterbitkan Bank Mayora sebanyak 1.029.151.550 yang mewakili 54,9% dari saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Kemudian, BNI bakal menyulap Bank Mayora menjadi bank digital yang akan difokuskan menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Alasan perseroan mengembangkan bank digital dengan fokus ke UMKM. BNI melihat bank-bank digital yang ada saat ini lebih menyasar segmen konsumer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini