Share

Sektor Ritel Siap Meraup Cuan saat Lebaran 2022

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 26 April 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 320 2585423 sektor-ritel-siap-meraup-cuan-saat-lebaran-2022-0p0ebtmdlM.jpg Sektor ritel siap cuan di momen Lebaran (Foto: Shutterstock)

JAKARTA โ€“ Momen Lebaran menjadi angin segar bagi sektor ritel dalam negeri. Ditambah lagi pelonggaran mobilitas juga ikut mendorong konsumsi masyarakat di momen Lebaran tahun ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N Mandey mengatakan, berhasilnya penanggulangan covid 19, serta pelonggaran mobilitas yang sudah merata di seluruh wilayah Indonesia berdampak kepada belanja atau konsumsi dari masyarakat.

Ini memberikan sinyal positif untuk usaha ritel di Indonesia. Walaupun ada fluktuasi harga akibat dampak kenaikan bahan pokok dan sentimen harga terhadap kenaikan PPN, tetapi ekonomi sudah mulai bergeliat.

Aprindo memprediksi pertumbuhan produktivitas akan meningkat dari 15% sampai 20% dari tahun sebelumnya atau pada saat pandemi.

โ€œKalau kita prediksi, produktivitas kita meningkat lebih kurang di angka sekitar 15% sampai 20% dari tahun-tahun sebelumnya, nah ini tentunya akan memperbaiki kinerja dari tahun-tahun sebelumnya, dari korporasi maupun juga pelaku usaha-usaha ritel,โ€ ungkap Roy kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut Roy menyampaikan, untuk bisa meningkatkan nilai produktivitas, peritel sangat bergantung pada situasi kondusifnya berbagai hal.

โ€œKita sangat tergantung dengan situasi kondusifnya berbagai macam hal, yang pertama kondusif politik, semakin politik di negeri kita terkendali, tentunya akan semakin kondusif. Kemudian yang ke dua, bagaimana fungsi pengawasan pemerintah ketika pemerintah melakukan pengawasan tata niaga yang lebih tertib, lebih tegas, tentunya akan lebih terkendali,โ€ kata Roy.

Roy juga menambahkan pertumbuhan produktivitas juga bisa dilakukan dengan adanya ekspansi. Pembukaan gerai atau toko di wilayah strategis. Selain itu penambahan modal juga akan meningkatkan kapasitas pengadaan barang dan jenis barang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini