Share

Meski Ada Disparitas Harga, Dirut PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Masih Aman

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 320 2588082 meski-ada-disparitas-harga-dirut-pln-pastikan-pasokan-batu-bara-masih-aman-mUoiYTCZfF.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Darmawan Prasodjo menyatakan bahwa pasokan batu bara pembangkit listrik dipastikan aman selama masa libur Lebaran 2022. Meski ada disparitas harga batu bara, dia menyebutkan bahwa PLN memang menerima harga khusus untuk batu bara.

"Kondisi saat ini memang terjadi disparitas harga, dimana harga batu bara di pasar internasional telah mencapai USD130 per ton, dan PLN menerima harga khusus USD70 per ton," ujar Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Dia melaporkan bahwa pada saat ini, tingkat keamanan pasokan batubara secara rata-rata berada di atas 15 hari. Angka ini, menurut dia sangatlah reliable untuk pasokan tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas egulasi yang telah dihadirkan. Selain itu, dalam regulasi yang terbaru pun pemerintah memastikan adanya penguatan untuk keamanan pasokan batubara dengan melakukan evaluasi pemenuhan batubara domestik secara bulanan," ungkap Darmawan.

Dia mengatakan, salah satu langkah penguatan yang ditempuh adalah integrasi sistem digital antara PLN dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Sampai kemudian apabila ada pelanggaran, yaitu loading batubara tidak berjalan dengan baik. Untuk itu, dalam enforcement dilakukan day-to-day," tegas Darmawan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Energi Primer PLN Hartanto Wibowo menyampaikan bahwa PLN tetap mengupayakan keamanan pasokan batubara untuk pembangkit listrik selama masa libur lebaran.

"Kita bangun sistem digital yang terintegrasi antara PLN dan Ditjen Minerba, ini jadi alat yang powerful untuk jamin keamanan pasokan batubara," terang Hartanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini