Share

Pengusaha Target Pertumbuhan Ritel 5% di Kuartal II-2022

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 320 2591327 pengusaha-target-pertumbuhan-ritel-5-di-kuartal-ii-2022-Ssp7oAS404.jpg Pengusaha Pasang Target Pertumbuhan Ritel 5%. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pasang target pertumbuhan ritel bisa mencapai 5% pada kuartal II-2022. Target tersebut turun dari tahun sebelumnya sebesar 5,6%-5,7%.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey mengatakan, tahun ini target 5% lantaran adanya fluktuasi harga pada barang pokok serta sentimen konsumen lainnya.

Baca Juga: Ada Perang Rusia-Ukraina, Penyebab Sektor Ritel Sulit Bangkit Tahun Ini

"Kuartal II-2021 kemarin pertumbuhan ritel di antara 5,6%-5,7%> Sementara di kuartal II tahun ini mungkin tidak akan sama karena ada fluktuasi harga dan sentimen konsumen. Namun, perbedaannya tidak telalu jauh. Saya perkirakan pertumbuhan ritel ada direntan 5-5,2%," terang Roy saat berdialog di IDX Channel, Senin (9/5/2022).

Meski demikian, pertumbuhan tersebut akan merangkak naik saat memasuki kuartal IV. Mengapa di kuartal IV, karena kata Roy, di kuartal III pengeluaran orang tua dialokasikan untuk biaya pendidikan anak. Sehingga sulit jika mengharapkan ada pertumbuhan di kuartal III.

Baca Juga: Hypermart Tutup, Karyawan: Sedih Banget 11 Tahun Cari Rezeki di Sini

"Untuk kuartal III akan ada perubahan karena biasanya setelah hari raya keagamaan, pertumbuhan ritel menurun. Hal itu lantaran biaya belanja bahan pokok dialihkan untuk biaya sekolah," ujar Roy.

"Tetapi akan naik lagi setelah memasuki kuartal IV yang di mana itu menuju akhir tahun," jelasnya.

Roy menuturkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ritel, kuncinya adalah mengubah Indonesia dari status pandemi menjadi endemi.

"Karena kalau kita berhasil menjadi endemi, maka di kuartal ke IV pertumbuhan ritel akan meningkat lagi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini