Share

Ada Perang Rusia-Ukraina, Penyebab Sektor Ritel Sulit Bangkit Tahun Ini

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 470 2559458 ada-perang-rusia-ukraina-penyebab-sektor-ritel-sulit-bangkit-tahun-ini-jx1iN7bHpB.jpg Mal Sepi Imbas Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sektor ritel diprediksi sulit bangkit di tahun ini. Pasalnya apa yang dihadapi ritel cukup kompleks untuk bangkit.

Senior Research Advisor Knight Frank, Syarifah Syaukat mengatakan di samping masih ada pandemi, sektor ritel juga akan terpengaruh dengan adanya konflik global, seperti perang Rusia-Ukrania.

Baca Juga: Pengunjung Mal Sepi, Harga Sewa Pusat Perbelanjaan Turun 6%

"Kemungkinan ada varian Covid baru, kita juga dihadapkan dari adanya imbas konflik global yang ada saat ini. Tidak bisa terlepas, sedikit banyak pasti akan mempengaruhi performa dari sektor ritel," ujar Syarifah dalam konferensi persnya secara virtual, Kamis (10/3/2022).

Menurutnya. Covid 19 akan berdampak langsung terhadap performa sektor ritel, sebab akan diikuti oleh pembatasan interaksi yang tentu akan berdampak pada operasional ritel.

Baca Juga: Libur Panjang, Pengusaha Mal Gigit Jari

Sedangkan pengaruh konflik global akan berdampak pada komoditas yang dijajakan pada ruang ritel. Karena tidak semua komoditas yang ada dijajakan di sektor ritel berasal dari lokal.

"Sedikit banyak saya rasa akan berdampak terhadap performa sektor ritel, namun saya rasa dampak ini sekaligus menjadi tantangan bagi kita untuk berinovasi, mengisi kekurangan karena konflik global," sambung Syarifah.

Di samping itu daya beli masyarakat juga belum 100% pulih tentu akan memberikan dampak yang juga signifikan dalam catatan transaksi di sektor ritel.

"Daya beli masyarakat yang belum pulih, tentu memberikan dampak pada catatan transaksi di sektor ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini