Share

Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2022, Ini Catatan dari Menhub

Athika Rahma, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 320 2591888 penyelenggaraan-mudik-lebaran-2022-ini-catatan-dari-menhub-uzAQgxY0kZ.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022. Ia memberikan beberapa catatan penting terkait penyelenggaraan mudik tahun ini.

"Penutupan posko ini punya arti juga, ada tugas lain dari kita, yaitu memetakan dan mengevaluasi ini sendiri," ujar Menhub dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/5/2022).

Secara umum, penyelenggaraan mudik dilakukan melalui berbagai moda transportasi. Namun, sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan pribadi jalur darat untuk kembali ke kampung halamannya.

Menurut dia, hadirnya tol di Jawa dan Sumatera memeriahkan euphoria mudik yang sudah 2 tahun tidak dirasakan masyarakat. Volume kendaraan di jalan tol meningkat pada masa arus mudik dan arus balik.

"Apa yang kita riset, kendaraan pribadi sebanyak 47% memang terbukti, dari Jabodetabek ke arah timur, menunjukkan angka yang besar," ujar Menhub.

Lanjut Menhub, jumlah pengguna jalan tol meningkat hingga 11,8%. Kemudian, terjadi penurunan lalu lintas sebesar 45%.

"Saya mengapresiasi Bapak Ibu dari Kepolisian yang bisa mengendalikan sehingga bisa terjadi penurunan lalu lintas. Hal ini ditandai dengan berkurangnya pemudik yang menggunakan motor, yang artinya komunikasi dari kita untuk seyogyanya tidak mudik pakai motor didengar," ungkap Menhub.

Menhub mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh insan perhubungan yang telah bekerja keras pada penyelenggaraan mudik kali ini, baik dari Kementerian/Lembaga, BUMN, TNI/Polri dan instansi lainnya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022 dengan ini saya nyatakan ditutup," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini