Share

Gubernur BI Yakin Kredit Perbankan Tumbuh hingga 9% Tahun Ini

Michelle Natalia, Sindonews · Jum'at 13 Mei 2022 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 320 2593802 gubernur-bi-yakin-kredit-perbankan-tumbuh-hingga-9-tahun-ini-ekcWBUVQC6.jpg Bank Indonesia yakin kredit tumbuh hingga 9% tahun ini (Foto: Okezone)

JAKARTA – Bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan kredit tahun ini berada di kisaran 7% hingga 9%. Hal ini sejalan dengan optimisme sektor perbankan dalam menyalurkan kredit di 2022. Kondisi ini pun sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia yang berhasil tumbuh 5,01% yoy di kuartal I 2022.

"Perbankan semakin yakin, semakin confident untuk menyalurkan kredit. Alhamdulillah ekonomi kita mampu tumbuh lebih dari 5%," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam acara Peluncuran Buku Kajian Stabilitas Keuangan No.38 Maret 2022 di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Optimisme perbankan untuk menyalurkan kredit di tahun 2022 didorong oleh pulihnya kinerja penjualan sektor korporasi. Perry mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan korporasi telah menembus 10%, sehingga permintaan kredit modal kerja semakin meningkat. Bahkan, kabar baik lainnya yakni scarring effect akibat pandemi COVID-19 terhadap sektor korporasi mulai berkurang.

"Ini semua tentunya tidak lepas dari peran lembaga-lembaga yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melalui kebijakan yang mendorong kredit pembiayaan untuk sektor prioritas," ungkap Perry.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Adapun peran dari sisi pemerintah adalah melalui program reformasi struktural dalam menyediakan iklim investasi yang kondusif, tata niaga, perpajakan, infrastruktur, digitalisasi keuangan dan implementasi Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) atau Omnibus Law.

"Bank sentral telah melakukan reformasi struktural di pasar keuangan, pendalaman pasar keuangan, digitalisasi sistem pembayaran, dan mendukung upaya pembiayaan bagi ekonomi untuk meredam scarring effect tersebut," pungkas Perry.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini