Share

3 Upaya Kementan Tanggulangi Wabah PMK

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 320 2593840 3-upaya-kementan-tanggulangi-wabah-pmk-TBO28ZH8OL.jpg Kementan siapkan strategi tanggulangi wabah PMK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyiapkan langkah strategis untuk menanggulangi wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menjangkit hewan ternak. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan setidaknya ada 3 langkah-langkah yang akan diambil dalam waktu dekat untuk menanggulangi wabah virus PMK.

Menurut Mentan pertama yang dilakukan adalah menyusun agenda temporary, yaitu dengan pengadaan vaksin, melakukan vaksinasi darurat, dan pembatasan lalu lintas hewan serta produk hewan.

"Kami juga menyiapkan agenda SOS, seperti melakukan pemusnahan terbatas ternak yang terkonfirmasi positif PMK," ujar Mentan pada keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (13/5/2022).

Selain itu pemerintah juga mempersiapkan untuk memberlakukan lockdown zonasi untuk tingkat kecamatan/kabupeten di setiap wilayah yang terkonfirmasi penyebaran virus PMK, serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait SOP Pencegahan dan pengendalian PMK.

Agenda lanjutan yanj bakal ditetapkan permanen adalah pembuatan vaksin melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) dan melakukan vaksinasi masal dan surveilans untuk hewan-hewan ternak secara rutin.

"Dari sekian banyak hewan ternak yang menjadi suspect ternyata bisa disembuhkan. Intinya dalam menghadapi PMK ini jangan panik," kata Mentan.

Seperti diketahui saat ini wabah PMK tengah menjangkit beberapa daerah di Indonesia. Mengingat setidaknya data terakhir sebanyak 13 hewan ternak mati akibat wabah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini