Share

Peluncuran Indo-Pacific Economic Framework, Ini Pesan Mendag

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 320 2599046 peluncuran-indo-pacific-economic-framework-ini-pesan-mendag-hdCvxbvUqw.jpg Mendag Muhammad Lutfi (Foto: Kemendag)

JAKARTA- Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada acara peluncuran Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, Senin (23/5).

IPEF diinisiasi oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan beranggotakan 13 negara, termasuk Indonesia. Mendag Lutfi menyampaikan beberapa hal penting terkait peluncuran IPEF ini.

"Pertama, IPEF harus melakukan kerjasama yang konkret dan saling menguntungkan satu sama lain," ujar Mendag dikutip dari akun resmi Instagramnya @mendaglutfi, Senin (23/5/2022).

Kedua, IPEF harus inklusif dan terbuka untuk negara-negara yang lain di region Indo-Pasifik. Region Indo-Pasifik, menurutnya, terlalu luas jika hanya mengakomodir kepentingan negara tertentu. Dengan inklusivitas, maka akan terdapat benefit jangka panjang ke depannya.

Ketiga, IPEF tidak boleh menjadi beban baru untuk negara-negara berkembang. Namun, negara-negara lain harus bisa berpartisipasi penuh dengan dukungan dari negara-negara IPEF.

Terakhir, IPEF harus bersinergi dengan kerangka ekonomi milik negara lain di region (Indo-Pasifik) terutama ASEAN.

"IPEF merupakan bentuk nyata pemerintah Presiden Jokowi yang mengedepankan perdagangan yang adil, inklusif dan tangguh menghadapi tantangan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini