Share

Sanksi Berat CPNS Mundur Usai Lolos Seleksi

Feby Novalius, Okezone · Sabtu 04 Juni 2022 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 320 2605132 sanksi-berat-cpns-mundur-usai-lolos-seleksi-fKvEIHQfij.jfif Sanksi CPNS yang Mundur Usai Lolos Seleksi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ratusan CPNS dan PPPK yang sudah lolos seleksi 2021 memilih mengundurkan diri. Hal ini pun membuat negara rugi besar karena harus mengulang tes CPNS dan PPPK di tahun berikutnya.

Mundurnya CPNS dan PPPK pun menjadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menurut Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mardani Ali Sera mengatakan, mundurnya CPNS dan PPPK sebagai bencana. Pasalnya, peserta sudah terpilih dan sudah mengisi formasi yang sudah lama dikaji dan diputuskan.

Baca Juga: Pengumuman! Tenaga Honorer Berakhir November 2023

Dia mengaku khawatir akan membawa dampak pada sistem kerja pelayanan publik yang terganggu. Sebab yang seharusnya jabatan tersebut sudah terisi dari adanya seleksi yang dilakukan, kini harus kosong kembali.

"Dan untuk pengisiannya memerlukan prosedur dan waktu yang lama lagi. Dikhawatirkan ada sistem kerja yang terganggu,” sambungnya.

Baca Juga: Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Sistem Kerja PNS Terganggu

Oleh karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (APNRB) Tjahjo Kumolo akan memperketat dalam seleksi Calon Pegawai Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ke depannya.

Dia meminta kementerian dan lembaga terkait, khususnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar formasi yag ditinggalkan tersebut bisa diisi kembali apabila proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) belum dilakukan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Agar kondisi ini tidak terjadi kembali, Menteri Tjahjo mengungkapkan memperkuat sistem pengadaan CPNS dan PPPK secara keseluruhan, baik pada tahap pengumuman seleksi kompetensi dasar (SKD), dan bidang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) penetapan hasil akhir, penetapan NIP, sampai dengan pengangkatan ASN

"Kami dalam Tim Panselnas bersama BKN dan instansi terkait lainnya akan memperketat proses seleksi hingga CPNS dan PPPK tersebut diterima. Seandainya ada di antara mereka mengundurkan diri seperti yang terjadi saat ini, akan diberi sanksi yang tegas dan berat agar tidak merugikan negara dan memiliki efek jera dikemudian hari,” ujar Menteri Tjahjo di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Baca Selengkapnya: Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Sistem Kerja PNS Terganggu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini