Share

Harga Minyak Goreng Curah Masih di Atas Rp14.000, Kok Masih Tinggi?

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 05 Juni 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 320 2605961 harga-minyak-goreng-curah-masih-di-atas-rp14-000-kok-masih-tinggi-X7MlGZcciA.jpg Harga Minyak Goreng Curah di Atas HET. (Foto: Okezone.com)

BANDUNG - Harga minyak goreng curah masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000. Harga minyak goreng curah dibanderol Rp17. 000 sampai18.000 per liter.

Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kementrologian Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa menjelaskan, salah satu faktor tingginya harga minyak goreng curah di Kota Bandung karena rantai distribusi yang panjang.

Baca Juga: Fakta Terbaru Masalah Minyak Goreng Diurusi Menko Luhut, Hasilnya Gimana?

"Kebanyakan yang jual di atas HET itu karena mereka mendapatkan minyak bukan dari distributor atau subdistributor yang terdaftar pada aplikasi sistem informasi minyak goreng curah (Simirah). Sehingga harga jualnya pun tinggi," ungkap Meiwan, Minggu (5/6/202).

Simirah merupakan aplikasi yang disediakan Kementerian Perindustrian bagi para produsen, distributor (D1), subdistributor (D2) dan pengecer minyak goreng curah. Melalui aplikasi ini, bisa terlihat berapa harga jual dari produsen ke D1, D1 ke D2, sampai ke pengecer.

Baca Juga: Ekspor CPO Sudah Diizinkan, Stok dalam Negeri Banyak tapi Harga Minyak Goreng Masih Tinggi

"Hal yang terjadi di lapangan itu tidak semua pengecer beli dari D2, mungkin ada kendala tersendiri. Jadi, si pengecer ini yang harusnya jual Rp15.500 per kilogram, tapi karena beli ke sesama pengecer, jadi lebih mahal sebab mereka juga harus dapat untung," jelasnya.

Untuk menekan HET, Meiwan mengatakan, Disdagin Kota Bandung terus berkoordinasi dengan para distributor. Selain itu, Disdagin juga berkolaborasi dengan Polres, Satgas Pangan, dan Kodim untuk melakukan monitoring agar rantai distribusi terus berjalan lancar sesuai mekanismenya.

"Kita juga terus mengimbau kepada para pedagang untuk menjual minyak goreng curah di bawah HET. Sekarang yang penting stabil dulu harganya. Kita berusaha agar mendekati HET dulu," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini