Share

Mendag Sidak Pasar, Cek Harga Telur hingga Minyak Goreng

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 07 Juni 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 320 2606902 mendag-sidak-pasar-cek-harga-telur-hingga-minyak-goreng-jKWf7hz48G.jpg Mendag Muhammad Lutfi (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi bersama Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN), Oke Nurwan melakukan kunjungan ke pasar Ampera, Kampung Ambon, Jakarta Timur, pada hari ini, Selasa (7/6/2022).

Pantauan MNC Portal Menteri Perdagangan tiba di pasar tersebut pada pukul 07.15 WIB yang langsung masuk kedalam pasar untuk mengecek harga ketersediaan dan harga minyak goreng curah.

Selain menyambangi para pedagang minyak goreng di pasar tersebut, Mendag juga menyapa Beberapa pedagang lain, seperti pedagang telur ayam, pedagang, beras, pedagang tahu tempe, untuk menanyakan kondisi harganya.

Kunjungan Mendag Lutfi tidak berlangsung lama, yang tidak lebih sekitar 15 menit untuk berbincang-bicang terkait kondisi beberapa para pedagang yang ada di pasar tersebut.

Karena dari seluruh pedagang pasar yang ada di pasar tersebut, setidaknya Mendag Luthfi hanya mengunjungi 6 toko yang menjual bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Kehadiran Mendag Lutfi kepasar tersebut memang untuk memastikan distribusi minyak goreng curah murah atau program minyak goreng rakyat tidak mengalami masalah di tingkat konsumen akhir.

Pada program ini, minyak goreng curah akan distribusikan ke pasaran dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp 14.000 per liter. Untuk sistem pembeliannya, masyarakat wajib menujukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini supaya tepat sasaran.

Dari kunjungannya tersebut Mendag Lutfi melihat saat ini harga minyak goreng curah pada beberapa toko yang dikunjungi Mendag di pasar tersebut sudah mulai menyentuh HET yang ditetapkan, yaitu Rp14.000.

Dia juga menengok bagaimana respon pasar terhadap penerapan syarat pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dinilai sebagian pedagang cukup menyulitkan.

Meski demikian Mendag menjelaskan bahwa penerapan syarat pembelian minyak goreng curah menggunakan KTP di pasar untuk memastikan agar pemberian minyak goreng curah ke masyarakat tepat target.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini