Share

Anggaran Proyek Ibu Kota Nusantara Belum Ada, PUPR Tunggu Sri Mulyani

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 470 2607745 anggaran-proyek-ibu-kota-nusantara-belum-ada-pupr-tunggu-sri-mulyani-NOQD6B8qnb.jfif Anggaran Proyek Ibu Kota Nusantara Belum Ada. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segera mulai konstruksi pada semester II tahun ini. Pembangunan pertama yang dilakukan adalah konektivitas jalan untuk akses logistik pembangunan.

Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengaku pihaknya belum mengantongi anggaran untuk segera melakukan pembangunan infrastruktur awal di IKN Nusantara tersebut.

Baca Juga: PLN Pasang Listrik di Titik Nol Ibu Kota Nusantara

"Anggaran sedang berproses di Kementerian Keuangan," kata Dirjen Diana saat dihubungi MNC Portal, Rabu (8/6/2022).

Meski demikian Diana menjelaskan saat ini Kementerian PUPR juga tengah melakukan pelelangan tender untuk membangun beberapa infrastruktur di Ibu Kota baru tersebut yang saat ini masih berproses. 

Baca Juga: Proyek Ibu Kota Baru Dimulai, Kepala Otorita IKN Jamin Keberadaan Hutan

Menurutnya Kemenkeu juga sudah menjanjikan bahwa pencairan anggaran untuk membangun IKN bakal di dilakukan secepatnya. Mengingat target pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan tahap I pada tahun 2024 semakin mepet.

"Segera (dicairkan), namun kita tetap berproses untuk lelang dini," lanjut Dirjen CK.

Sebelumnya diketahui Kementerian PUPR mengajukan kebutuhan anggaran kepada Kemenkeu untuk membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) hingga tahun 2024 sebesar Rp48 triliun.

Dana tersebut bakal digunakan untuk melakukan pembangkangan konektivitas jalan, seperti akses masuk ke KIPP dari Bandara. Gedung-gedung perkantoran hingga perumahan yang juga harus sudah sebelum kota tersebut dihuni pada tahun 2024 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini