Share

Atasi Masalah Minyak Goreng, Peneliti Temukan Inovasi Lebih Murah dan Sehat

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Jum'at 10 Juni 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 320 2609074 atasi-masalah-minyak-goreng-peneliti-temukan-inovasi-lebih-murah-dan-sehat-x3m19fvGXx.jpg Minyak goreng. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) M Edwin Syahputra Lubis mengungkapkan bahwa pihaknya telah menghasilkan inovasi dalam rangka merespon kebutuhan minyak goreng serta pengentasan stunting.

Inovasi tersebut adalah minyak makan merah yang merupakan produk turunan dari minyak kelapa sawit dengan nutrisi berupa fitonutrein (karoten dan vitamin E) yang tinggi serta kualitas asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan.

"Minyak makan merah juga dapat menjadi jawaban untuk pengentasan stunting karena minyak makan merah memiliki asupan vitamin yang unggul dibandingkan dengan minyak goreng biasa," ucap Edwin dikutip dari keterangan resmi KemenKopUKM, Jumat (10/6/2022).

 BACA JUGA:Mendag Pastikan Program Minyak Goreng Curah Rakyat Tepat Sasaran

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menuturkan dengan inovasi minyak makan merah, TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit dari petani tidak perlu lagi bergantung kepada pabrik minyak goreng.

"TBS yang ada di rakyat kan dibawa ke pabrik biasanya dan ditambah potongan sampai 7%. Kalau begitu caranya, TBS mereka kita kumpulin dan nggak usah kita bawa ke pabrik. Artinya kalau kita siapkan ini dengan alat yang sederhana, saya rasa kita mampu membuat minyak merah ini. Sehingga kepusingan pemerintah karena minyak goreng ini bisa teratasi," kata Edy.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Edy menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan rapat untuk mengembangkan minyak makan merah di Sumatra Utara.

Menanggapi hal ini, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendesak pembangunan pabrik minyak makan merah oleh koperasi untuk segera dipercepat.

Hal ini demi menyelesaikan kebutuhan minyak goreng di samping minyak makan merah yang potensial memberikan nilai tambah bagi petani sawit.

"Minyak makan merah ini lebih sehat dan punya banyak manfaat. Dengan adanya ini juga dapat memecahkan permasalahan pasokan minyak goreng dan dapat menghadirkan minyak goreng yang terjangkau bagi rakyat," terang Menkop UKM Teten Masduki.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini