Share

Luhut Targetkan 1 Juta CPO Diekspor dalam Waktu Dekat

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 320 2609113 luhut-targetkan-1-juta-cpo-diekspor-dalam-waktu-dekat-UworyWTuKR.jpg Pemerintah targetkan ekspor 1 juta CPO dalam waktu dekat (Foto: Reuters)

JAKARTA — Pemerintah menargetkan ekspor 1 juta ton Crude Palm Oil (CPO) dalam waktu dekat. dan pengendalian minyak goreng.

“Kini Pemerintah memiliki target minimal satu juta ton CPO yang dapat di ekpor dalam waktu dekat,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Acara Bussiness Matching di Bali, Jumat (10/6/2022).

Hal tersebut nantinya akan mendorong percepatan pengosongan tangki-tangki yang selama ini penuh, dengan harapan ketika tangki-tangki ini penuh permintaan akan harga tandan buah segar (TBS) terhadap petani akan meningkat kembali dan tentunya diiringi oleh peningkatan harga akan TBS yang juga kembali membaik.

“Seperti yang juga saya sampaikan pada kesempatan yang lalu, Pemerintah sepakat bahwa persoalan pengawasan dan distribusi adalah masalah utama dari semua masalah yang ada ini,” tambahnya.

Untuk itu, penanganan hilir yang mengandalkan kombinasi sistem teknologi informasi atau IT dan pengawasan ketat di lapangan penting untuk harus segera dilaksanakan.

Lebih lanjut, Menko Luhut yang menjelaskan bahwa Pemerintah saat ini tengah mengintegrasikan sistem SIMIRAH yang dikembangkan oleh Kemenperin bersama K/L lain sebagai hub dari tata kelola sawit yang terintegrasi dari hulu hingga hilir yang akan dibenahi ke depannya.

“Hal ini dilakukan untuk menjamin proses dari hulu hingga hilir nanti dapat berjalan dengan baik dan tentunya tepat sasaran. Presiden memerintahkan kami untuk betul-betul memperhatikan tadi supply kepada domestik harus betul-betul dilakukan,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini