Share

Sri Mulyani Beberkan Tantangan Pengembangan Infrastruktur Digital RI

Michelle Natalia, Sindonews · Jum'at 10 Juni 2022 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 320 2609380 sri-mulyani-beberkan-tantangan-pengembangan-infrastruktur-digital-ri-NFhcqRcJLq.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertemuan kelompok kerja infrastruktur G20 yang tergabung dalam Infrastructure Working Group (IWG) kembali digelar pada tanggal 9-10 Juni 2022 dengan membahas agenda G20 di bidang infrastruktur.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa peran G20 dalam meningkatkan infrastruktur digital secara global untuk memfasilitasi transformasi digital.

“Beberapa tantangan dalam meningkatkan infrastruktur digital, yaitu bagaimana mengembangkan skema pembiayaan publik atau swasta yang terpadu dan inovatif, serta memastikan lingkungan domestik yang mendukung dan kerangka keuangan yang menarik investasi,” ujar Sri di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Pada rangkaian pertemuan 3rd IWG di hari kedua, terdapat tiga agenda pembahasan, yaitu indikator Quality Infrastructure Investment (QII), infrastruktur digital dan InfraTech dan tata kelola GI Hub. Seluruh deliverables ditargetkan untuk dapat selesai pada September 2022.

"Khusus untuk indikator QII dan InfraTech, diharapkan dapat segera difinalisasi dan mendapatkan endorsement pada pertemuan tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) di bulan Juli 2022," pungkasnya.

Pada hari pertama, pertemuan ketiga (3rd) IWG difokuskan pada pembahasan tiga agenda, yaitu investasi infrastruktur berkelanjutan, inklusi sosial dan kesenjangan daerah, serta infrastruktur transformatif pasca pandemi.

Beberapa laporan sebagai pendukung penyelesaian deliverables telah selesai dan dipaparkan oleh organisasi internasional, diantaranya Report on Advancing The Environment and Data for Sustainable Infrastructure Financing oleh OECD dan Report on Infrastructure Transition Pathways oleh GI Hub, yang mendukung agenda IWG terkait investasi infrastruktur berkelanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini