Share

Menaker Ajak Industri Kembangkan Pelatihan Vokasi Energi Terbarukan dan Kendaraan Listrik

Tim Okezone, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 320 2611834 menaker-ajak-industri-kembangkan-pelatihan-vokasi-energi-terbarukan-dan-kendaraan-listrik-BHWEi3r0LB.JPG Menaker soal pelatihan energi terbarukan dan kendaraan listrik. (Foto: Antara)

JAKARTA - WIFI Burgenland yang didirikan oleh Kamar Dagang Industri Austria akan melakukan kerja sama pengembangan program pelatihan di bidang energi hijau atau green energy dan kendaraan listrik.

Melansir Antara, hal ini pun disambut baik oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah.

Ida pun mengaku kalau ingin belajar dari WIFI Burgenland soal bagaimana mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi.

"Saya ingin belajar dari WIFI Burgenland, bagaimana mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi, terutama di bidang green energy dan kendaraan listrik," ucapnya dikutip Antara, Rabu (15/6/2022).

Β BACA JUGA:Menaker Kejar Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja RI

Dia mengatakan dari kerja sama Development Maritime VTC yang dibiayai melalui pinjaman lunak Pemerintah Austria pada 2021, instruktur dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dan Serang dikirim ke Pusat Pelatihan Vokasi WIFI untuk mengikuti pelatihan Training of Trainer (TOT).

"Kami melihat bahwa kompetensi instruktur sangat menentukan terhadap kualitas lulusan pelatihan," ungkapnya.

Dia memastikan kalau kompetensi itu tidak hanya berbentuk hard skill tapi juga soft skill.

Dia menyebut walaupun kerja sama Development Maritime VTC ini akan berakhir, Ida berharap kerja sama terus berjalan antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan WIFI Burgenland ​​​​​​​yang memiliki standar pelatihan yang diakui dunia industri.

"Semoga kerja sama dengan WIFI ini terus berlanjut agar kami dapat mengimplementasikannya di Indonesia," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini