Share

Bayar Bensin Bisa Pakai HP, Pertamina Bahaya Tidak?

Ikhsan Permana, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 320 2612127 bayar-bensin-bisa-pakai-hp-pertamina-bahaya-tidak-6ZEG6Dqm3m.jpg Beli Bensin Nantinya Bisa Pakai HP. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Beli bahan bakar minyak (BBM) nantinya menggunakan aplikasi pada setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dinilai aman, selama berada pada jarak yang ditentukan.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, selama jaraknya sesuai dengan ketentuan, maka transaksi menggunakan handphone dipastikan aman.

Baca Juga: BBM hingga Detergen Bakal Kena Cukai, Siap-Siap Harganya Naik?

"Untuk pembayaran kita sudah mengkaji hal itu selama jarak yang ditentukan itu sudah masuk, selama sesuai dengan jarak yang ditentukan kita bisa scan barcode di tempat yang sudah ditentukan. Jadi itu secara umum aman dilakukan," kata Irto kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (14/6/2022).

Dia menambahkan, selama ini yang dihindari adalah penggunaan handphone untuk foto menggunakan flash.

Baca Juga: Ingat! Orang Kaya Jangan Beli Pertalite

"Jadi kalau masalah penggunaan handphone, kita meminimalisir penggunaan flash pada saat pengisian foto pakai flash seperti itu kita meminimalisir," ungkapnya.

Namun ia menegaskan, penggunaan harus sesuai dengan jarak yang telah ditetapkan, tidak terlalu dekat dengan dispenser pengisian bahan bakar.

"Penggunaan handphone untuk pembayaran dengan scan barcode di lokasi yang sudah ditentukan, jaraknya kurang lebih 1,5 meter dari nozzle," jelasnya.

Sebelumnya beredar kabar yang mengatakan pembelian BBM bersubsidi harus menggunakan aplikasi MyPertamina. Menanggapi hal itu, Irto mengatakan sampai sekarang belum ada kewajiban untuk pembayaran menggunakan aplikasi.

"Jadi saya mau meluruskan kan banyak orang bilang harus download aplikasi MyPertamina dulu untuk bayar, tidak seperti itu," tegasnya.

Dia melanjutkan, pembayaran sampai saat ini masih bisa dilakukan dengan tiga cara, menggunakan aplikasi, kartu ataupun tunai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini