Share

Jadi Mendag, Ini Sederet Tugas untuk Zulkifli Hasan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 320 2612147 jadi-mendag-ini-sederet-tugas-untuk-zulkifli-hasan-U1wj24YEmo.jpeg Mendag Zulkifli Hasan (Foto: MPI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Lutfi yang sebelumnya mengisi posisi tersebut.

Menurut Direktur Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira ada banyak 'pekerjaan rumah' yang harus diselesaikan Zulkifli Hasan hingga berakhirnya periodesasi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin.

"Mendag yang baru harus melakukan beberapa hal (tugas)," ujar Bhima saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (5/6/2022).

Adapun tugas yang dimaksud Bhima meliputi menyelesaikan masalah rantai distribusi pangan, khususnya minyak goreng. Lalu, melakukan pembersihan di internal Kemendag, khususnya pejabat yang menangani izin ekspor impor pangan.

Tugas lain asalah sinkronisasi data dengan lembaga lain sehingga kebijakan lebih terintegrasi. Kemudian, memperluas pasar ekspor ke negara alternatif melalui intelijen pasar.

"Dan berkoordinasi dengan atase perdagangan maupun Kedutaan Besar di negara potensial," kata dia.

Tak hanya itu, Zulhas sapaan akrab Zulkifli, juga mengevaluasi perjanjian perdagangan bebas yang dipandang merugikan daya saing Indonesia. Selain itu, mengatur porsi barang impor di ecommerce.

Mengutip website resmi Kementerian Perdagangan, tugas pokok hingga fungsu Mendag adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan di bidang penguatan dan pengembangan perdagangan dalam negeri, pemberdayaan konsumen, standardisasi perdagangan dan pengendalian mutu barang, tertib ukur.

Lalu, melakukan pengawasan barang beredar atau jasa di pasar, serta pengawasan kegiatan perdagangan, peningkatan dan fasilitasi ekspor barang nonmigas yang bernilai tambah dan jasa, pengendalian, pengelolaan dan fasilitasi impor serta pengamanan perdagangan.

Mendag juga meningkatkan akses pasar barang dan jasa di forum internasional, promosi, pengembangan dan peningkatan produk, pasar ekspor serta pelaku ekspor, serta pengembangan, pembinaan dan pengawasan di bidang perdagangan berjangka komoditi, sistem resi gudang dan pasar lelang komoditas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini