Share

Bambang Susantono: Sumber Air di IKN Mencukupi

M Budi Santosa, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 470 2612154 bambang-susantono-sumber-air-di-ikn-mencukupi-BWz0fijYp7.jfif Desain Ibu Kota Nusantara. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Sumber air di Ibu Kota Nusantara dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di sana. Suplai air bisa mencukupi untuk 2 juta penduduk.

"Suplai air itu menurut data PUPR cukup untuk 2 juta penduduk. Nah prediksi awal kita, jumlah penduduk secara ultimate di IKN itu nantinya akan mencapai 1,7 juta hingga 1,9 juta," kata Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono saat acara Chief Editor Briefing di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Anggaran Infrastruktur Ibu Kota Nusantara Disiapkan Rp47 Triliun

Menurutnya, saat ini ada dua sumber mata air di kawasan IKN yang akan dioptimalkan. "Makanya kita bangun DAM. Jika nanti dirasakan kurang, bisa saja akan ditambahkan dari suplai yang lain," ujarnya.

Dijelaskan, proses pembangunan DAM saat ini sudah dimulai. "Setelah selesai, maka akan ada waktu untuk mengisi DAM tersebut dengan air. Ini juga perlu waktu," imbuhnya.

Baca Juga: 3 Target Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ATR/Kepala BPN

Bambang pun menerangkan bahwa DAM yang dibangun tersebut fungsinya tidak hanya sebatas untuk sumber air. "Kita akan manfaatkan untuk fungsi lain seperti panel surya dan sekaligus ecotourism," katanya.

Selain masalah sumber air, ada hal lain yang juga sedang dikerjakan Badan Otorita IKN dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni penghijuan kembali titik-titik yang sudah tidak ada hutannya.

"Kan kalau lihat di peta terlihat hutan, tapi kenyataannya sudah tidak hutan atau gundul. Ini yang oleh KLHK akan dihijaukan kembali," tutup Bambang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini