Share

Menkop Berkali-kali Soroti Sulitnya Akses Modal UMKM

Heri Purnomo, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 320 2612881 menkop-berkali-kali-soroti-sulitnya-akses-modal-umkm-HmXvFBhrSI.jfif Menkop Soroti Akses Modal UMKM. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki terus menyoroti soal akses permodalan bagi para UMKM. Menurutnya akses permodalan tidak kalah penting untuk menggairahkan produktifitas UMKM.

Meski beberapa hal telah dilakukan seperti gerakan bangga buatan Indonesia untuk menyerap produk UMKM.

Baca Juga: 

"Kalau UMKM ini diberikan dukungan, pendamping, akses pembiayaan, akses market dan lain sebagainya, kira Optimis UMKM bisa tumbuh dan berkembang," ujarnya, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya, potensi ekonomi UMKM di Indonesia sangat luar biasa. Hal itu terlihat dari adanya lapangan kerja yang berhasil diciptakan oleh UMKM Indonesia.

"Saat ini 97% lapangan kerja disediakan oleh UMKM, terutama yang mikro," katanya.

Baca Juga: 

Di sisi lain, pihaknya akan terus meningkatkan UMKM Indonesia untuk dapat menciptakan lapangan kerja yang berkualitas," katanya.

Sementara itu, Teten mengatakan kegiatan JaKreatifFest 2022 dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong unit kecil menengah mikro (UMKM) terus tumbuh.

"Saya optimis JaKreatifFest dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan umkm terus tumbuh," ujarnya.

Menurutnya diberikan ruang bagi UMKM seperti acara JaKreatifFest dapat memacu para umkm untuk meningkatkan kreatifitas produknya dan mengembangkan inovasi model bisnis.

Sebagai informasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provisi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, menggelar acara Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) pada 2022. Tujuannya bisa mewujudkan UMKM naik kelas dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Acara JaKreatiFest diselenggarakan mulai hari ini 16 Juni hingga 18 Juni mendatang yang berlokasi di Sarinah, Jakarta Pusat. Acara tersebut juga merupakan rangkaian dari Jakarta Hajatan atau perayaan ulang tahun Jakarta yang ke 496.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini