Share

APBD Cuma Dipakai Bayar Gaji PNS, Sri Mulyani Geram

Diana Purnamasari, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 320 2613614 apbd-cuma-dipakai-bayar-gaji-pns-sri-mulyani-geram-sCBfWEPCyk.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku kesal dengan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Di mana APBD digunakan hanya untuk bayar gaji PNS.

Sri Mulyani mengungkapkan, belanja modal mestinya ditingkatkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Di mana dana tersebut bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: Pemda Beli Kertas Rp811,3 Miliar, Kemendagri: Tolong Dirasionalkan

“Kenapa belanja modalnya kurang? Padahal rakyat saya masih membutuhkan infrastruktur dasar, padahal masih ada kemiskinan, padahal masih ada daerah yang belum punya MCK memadai. Kenapa nggak dipakai untuk itu? Dan tentu dalam hal ini serapan belanja di daerah masih menghadapi kendala," keluh Sri, Sabtu (18/6/2022).

Sri Mulyani menegaskan bahwa ingin Pemda bisa kembali memikirkan komposisi belanjanya supaya belanja modal bisa ditingkatkan.

Baca Juga: Tega, Pemda Alokasikan Anggaran Minim untuk Kesehatan dan Pendidikan

"Kalau bapak ibu (Kepala Daerah) lihat belanja modal mengecil, kita enggak akan bisa mengejar ketertinggalan. Artinya bapak ibu harus menjaga komposisi belanja ini," ujar Sri.

Dirinya pun geram karena setiap pemerintah pusat rutin mengirimkan anggaran ke daerah, digunakan justru paling cepat untuk membayar gaji. Menurutnya, program lain yang lebih penting justru dikesampingkan.

"Bapak ibu sekalian lihat begitu menerima transfer dari pusat langsung gampang bayar gaji saja,” beber Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini