Share

7 Cara Sukses Memulai Bisnis Kos-Kosan Lengkap Dengan Rincian Biaya dan Keuntungannya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 320 2614361 7-cara-sukses-memulai-bisnis-kos-kosan-lengkap-dengan-rincian-biaya-dan-keuntungannya-argfYSa9PW.jpg 7 Cara Memulai Sukses Bisnis Kos-Kosan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tujuh cara sukses memulai bisnis kos-kosan lengkap dengan rincian biaya dan keuntungannya. Membuka bisnis kos-kosan saat ini memiliki prospek yang baik dan menguntungkan ke depannya.

Dikutip dari berbagai sumber Okezone, Minggu (19/6/2022) berikut cara sukses memulai bisnis kos-kosan dengan rincian biaya dan keuntungannya.

1. Jenis properti

Kenali lebih dulu properti Anda, apakah bangunan tersebut cocok bila dijadikan sebagai rumah kost. Mengingat, kos-kosan membutuhkan banyak kamar dengan ukuran standar dan fasilitas.

2. Konsep unik

Salah satu bisnis kos-kosan untuk menarik minat para calon penghuni, akan lebih baik jika Anda membangun rumah kost dengan desain yang menarik dan unik. Hunian dengan konsep industrial dan minimalis akhir-akhir ini sedang banyak diminati karena dianggap aesthetic.

3.Bangunan yang tepat

Anda harus mengenali dan memperhatikan setiap detail bangunan tersebut. Pastikan bahwa kondisi bangunan layak untuk ditempati, sehingga Anda tidak perlu melakukan renovasi ulang.

Selain itu, jika Anda membelinya dari orang lain, baik itu perorangan maupun pengembang, ada baiknya untuk mengecek segala hal terkait legalitas bangunan.

4. Bersih dan terawat

Tidak hanya perkara eksterior dan lingkungan sekitar, namun Anda juga perlu memperhatikan sisi kebersihan dan perawatan di dalam bangunan. Calon penghuni cenderung akan menyukai rumah kost yang memperlihatkan hawa bersih serta tidak kumuh.

5. Lokasi strategis

Tips bisnis kos-kosan selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Dalam hal ini, strategi yang dimaksudkan adalah dekat dengan perkantoran, sekolah atau kampus.

6. Harga sewa bersaing

Cara bisnis kos-kosan yang terakhir adalah menetapkan harga sewa bersaing. Sebelum menetapkan harga, Anda bisa melakukan riset kompetitor terlebih dulu. Riset ini meliputi, fasilitas, kondisi hingga harga.

Jika sekiranya Anda memiliki fasilitas lebih lengkap, maka bisa mematok harga lebih tinggi, namun tetap sesuaikan dengan harga pasaran pada lokasi tersebut.

7. Fasilitas yang layak

Kemudian harga rumah kost biasanya dibanderol sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Fasilitas umum dan layak standar rumah kost setidaknya kasur, lemari pakaian, meja dan kursi. Ada pula rumah kost menawarkan kamar mandi dalam dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV hingga water heater.

Keuntungan Bisnis Kos-kosan

Bisnis rumah kost semakin merajalela. Hal ini karena banyak orang menyadari keuntungan dari bisnis satu ini. Dan tentu saja mereka membutuhkan tempat tinggal, tak heran jika banyak yang mencari rumah kost sebagai tempat singgah.

Capital gain berarti kenaikan harga per tahun. Namun, capital gain biasanya diperoleh dalam jangka waktu panjang, minimal satu tahun. Besar kecilnya kenaikan ini tergantung dari lokasi serta fasilitas penunjang. Tapi umumnya, bisnis kosan memiliki capital gain lebih tinggi daripada rumah.

Lalu dibandingkan bisnis sewa rumah atau tanah kosong, biasanya bisnis kosan memiliki capital rate lebih tinggi yaitu sekitar 5-7%. Nilai ini tentu saja harus didukung dengan fasilitas penunjang yang sesuai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini