Share

Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Minimnya Pasokan

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 320 2615175 harga-minyak-dunia-naik-dipicu-minimnya-pasokan-8ibsTcOe60.jpg Harga minyak dunia naik hari ini. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Harga minyak dunia mengalami kenaikan di atas 1% lebih pada perdagangan Selasa (21/6/2022).

Hingga pukul 09.20 WIB, minyak mentah berjangka Brent di ICE untuk kontrak Agustus naik 1,40% menjadi 115,73 per barel, setelah sempat turun 7,3% pada minggu lalu.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS melesat 2,24% di USD112,01 per barel. WTI turun 9,2% minggu lalu.

 BACA JUGA:Harga Minyak Dunia Turun di Tengah Ancaman Resesi Global

Secara umum, sentimen kenaikan masih berasal dari kekhawatiran pasar atas pasokan yang ketat dan minimnya produksi minyak mentah.

Sementara penurunan harga dipicu kecemasan atas resesi yang dinilai dapat memukul permintaan.

Kekhawatiran atas pasokan masih memicu pergerakan pasar, yang didorong oleh sanksi Barat terhadap minyak Rusia.

Analis menilai hal itu dapat menyebabkan produksi Rusia melemah menyusul sanksi tersebut.

"Pasar minyak masih berhati-hati atas gangguan terhadap minyak Rusia karena sanksi Eropa mulai berlaku," kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan, dikutip dari Reuters, Selasa (21/6/2022).

ANZ mencatat bahwa katalis antara pasokan yang ketat dan ketidakpastian pertumbuhan global menghadapi inflasi dan suku bunga masih akan menjadi isu utama di pasar minyak dalam beberapa waktu ke depan.

"Ini adalah ketegangan yang akan kita lihat selama sisa tahun ini," kata Ekonom senior Westpac, Justin Smirk.

Smirk menilai masih belum jelas seberapa besar risiko kehancuran permintaan, mengingat ekonomi global masih belum pulih dari penyebaran Covid-19 yang mulai mereda.

"Ada ketakutan akan resesi, tapi kita tidak fokus di sana. Kami masih menghadapi pemulihan," lanjut Smirk.

Sebagai catatan, rilis data persediaan minyak AS selama sepakan ini masih akan tertunda satu hari menyusul libur nasional Juneteenth atau hari emansipasi.

Data industri American Petroleum Institute per 17 Juni 2022 akan dirilis pada hari Rabu depan (22/6/2022), sedangkan data Administrasi Informasi Energi AS akan diumumkan hari Kamis (23/6/2022)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini