Share

Ke Jepang, Menhub Bawa Oleh-Oleh Transportasi Listrik untuk IKN Nusantara

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 320 2616338 ke-jepang-menhub-bawa-oleh-oleh-transportasi-listrik-untuk-ikn-nusantara-9DbBkNQtcf.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Jepang untuk membahas kerjasama dalam hal pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Menhub menyatakan bahwa bakal membawa teknologi transportasi berbasis listrik di Jepang yang bakal diterapkan di IKN Nusantara sebagai moda transportasi umum.

Menhub menjelaskan dalam kunjungan ke Shiba, Tokyo, Jepang, terdapat moda transportasi berbasis listrik yang menurutnya cukup menarik untuk di terapkan di IKN Nusantara.

"Oleh karenanya saya tadi pagi meninjau Shiba untuk meninjau kemungkinan alat transportasi berbasis listrik tentu sangat environment friendly,” ujar Menhub dalam konferensi pers virtualnya, Rabu (22/6/2022).

Dia menjelaskan salah satu yang menarik untuk dibawa ke IKN Nusantara adalah terkait moda angkutan masalah menggunakan kereta gantung.

"Kereta gantung ini adalah salah satu alat transportasi untuk ditempat wisata, Insyahallah akan kita inisiasi, saya mendapat perintah dari bapak presiden dan Bappenas untuk mempelajari," kata Menhub Budi.

"Kita tahu bahwa IKN membutuhkan satu pergerakan yang agak unik, jadi kita akan gunakan kereta gantung, yang akan menjadi alat transportasi dari kantor ke kantor, dan untuk tempat wisata," sambungnya.

Kemudian lanjut dia dalam kaitannya pada pembangunan IKN Nusantara Kemenhub memiliki tugas untuk membangun infrastruktur kereta api, hingga pelabuhan kapal.

"Untuk IKN kita juga bahas kemungkinan untuk dilakukan kegiatan kereta api, kegiatan kapal yang ada disana, karena memang dua hal ini yang menjadi domain Kementerian Perhubungan," pungkas Menhub Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini