Share

Volkswagen Kurangi Upah dan Pangkas Jam Kerja, Ini Penyebabnya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 320 2616650 volkswagen-kurangi-upah-dan-pangkas-jam-kerja-ini-penyebabnya-tJSxAWrGtj.jpg Volkswagen potong upah dan pangkas jam kerja (Foto: Reuters)

JAKARTA - Volkswagen AG mengurangi upah dan memangkas jam kerja karyawan di pabrik Sao Bernardo do Campo di Brazil. Hal ini dilakukan lantaran kekurangan suku cadang mobil dan komponen elektronik untuk merakit kendaraannya.

Dilansir dari Antara, Rabu (23/6/2022), Serikat pekerja logam Sao Bernardo do Campo mengatakan bahwa mereka telah menyetujui rencana pembuat mobil Jerman itu untuk memotong jam kerja sebesar 24% dan gaji sebesar 12% mulai bulan depan.

Menurut serikat pekerja, pengaturan tersebut akan berlaku mulai 7 Juli, ketika pekerja akan kembali dari penutupan 10 hari.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, unit Volkswagen Brazil mengkonfirmasi akan mengadopsi "langkah-langkah baru untuk membuat tenaga kerja lebih fleksibel di unit Sao Bernardo do Campo selama bulan Juli karena kurangnya komponen."

Serikat pekerja mengatakan tindakan itu akan dinilai ulang setiap bulan dan ujungnya akan tergantung pada normalisasi pasokan suku cadang mobil. Wellington Damasceno, seorang pejabat serikat pekerja, mengatakan langkah itu dinegosiasikan sebagai alternatif dari penutupan seluruh shift.

Volkswagen memiliki hampir 8.200 karyawan di pabrik Sao Bernardo do Campo di dekat Sao Paulo, dengan 4.500 di antaranya bekerja di jalur perakitan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini