Share

Yuk, Cek Tagihan dan Bayar PDAM Secara Online Biar Lebih Mudah dan Hemat

Agustina Wulandari , Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 11 2617449 yuk-cek-tagihan-dan-bayar-pdam-secara-online-biar-lebih-mudah-dan-hemat-3aiUORoSEr.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok.Freepik)

Selain listrik, air merupakan hal penting yang selalu dikonsumsi sehari-hari untuk beragam hal, mulai dari mandi, mencuci pakaian, hingga minum dan memasak. Di Indonesia, konsumsi air umumnya dikelola oleh PDAM.

PDAM sendiri merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki oleh suatu daerah. Nah, sesuai namanya, PDAM adalah perusahan penyedia air bersih hingga proses distribusi ke masyarakat umum untuk keperluan sehari-hari.

Biasanya, PDAM berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan hanya beroperasi di daerah bersangkutan saja. Hampir semua kabupaten dan kota di Indonesia terdapat PDAM yang bisa diakses oleh masyarakat dengam mudah.


Setiap bulannya pelanggan PDAM mempunyai kewajiban untuk membayar beban pemakaian air. Untuk mempermudah pembayaran tagihan PDAM, kini pelanggan tidak perlu keluar rumah saat akan membayar atau mengecek tagihan. Pasalnya, pembayaran maupun cara cek tagihan PDAM bisa dilakukan secara online lewat handphone.

Cara bayar dan cek tagihan PDAM lewat handphone pun cukup mudah dilakukan. Beberapa platform saat ini menyediakan layanan pembayaran dan cek tagihan PDAM online seperti Tokopedia.

Sistem pembayaran tagihan PDAM lewat Tokopedia secara online tentu lebih praktis. Kamu tidak perlu beranjak keluar rumah untuk sekadar bayar PDAM. Transaksi bisa dilakukan di mana saja hanya lewat handphone.

Untuk memberikan pelayanan terbaik, Tokopedia menghadirkan kemudahan dalam bayar PDAM online. Untuk pembayaran tagihan air di Tokopedia, caranya mudah banget, lho. Pastikan kamu sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone.

Pengguna akan dikenakan biaya administrasi oleh PDAM. Jumlah biaya administrasi tersebut akan diberikan sesuai dengan kebijakan masing-masing PDAM wilayah.

Biaya administrasi dikenakan per tagihan bulanan. Jadi, jika kamu melakukan pembayaran dua bulan tagihan air PDAM dalam satu transaksi, kamu akan dikenakan dua kali biaya administrasi.

Dalam satu transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, denda (bila ada), dan biaya administrasi.

Pembayaran tagihan air PDAM yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo setiap bulannya akan dikenakan denda. Penetapan tanggal jatuh tempo pada masing-masing PDAM berbeda dan bergantung pada kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.

Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran tagihan air PDAM yang dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor meteran oleh pengguna.

Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak manapun.

Pembayaran tagihan air PDAM sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 19.00 WIB. Khusus untuk PDAM Probolinggo dan Purworejo, pembayaran hanya dapat dilakukan pada Senin-Sabtu pukul 07.00-14.00 WIB.

Proses verifikasi pembayaran tagihan air PDAM bisa membutuhkan waktu hingga 1×24 jam hari kerja. Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan tagihan air PDAM dapat ditanyakan langsung pada masing-masing PDAM wilayah.

Seperti itulah cara bayar air PDAM di Tokopedia. Bayar tagihan air PDAM online sekarang lebih mudah dan hemat dengan aneka promo dari Tokopedia. Yuk, cek info tagihan rekening air PDAM bulan Juni 2022 dan bayar lewat Tokopedia.

CM

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini