Share

Imbas Perang, Kyiv Ukraina Dikeluarkan dari Daftar Kota Paling Layak Huni Dunia

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 470 2617440 imbas-perang-kyiv-ukraina-dikeluarkan-dari-daftar-kota-paling-layak-huni-dunia-pwctyGj4vm.jpg Perang Rusia-Ukraina. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Ibu kota Ukraina, Kyiv dikeluarkan dari daftar kota paling layak huni dunia. Hal tersebut karena adanya invasi Rusia-Ukraina yang hingga saat ini belum selesai.

Berdasarkan laporan Indeks Liveability Global Economist Intelligence Unit 2022, invasi Rusia ke Ukraina membuat Kyiv dikeluarkan dari daftar kota paling layak huni.

Adapun EIU menetapkan kota-kota paling layak huni berdasarkan 30 faktor kualitatif dan kuantitatif. Di mana lima kategori besar penilaiannya seperti stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur. Demikian dilansir dari Bloomber, Jumat 924/6/2022).

Baca Juga: 6 Kota di Indonesia yang Cocok untuk Orang-Orang Kreatif Cari Duit, Milenial Wajib Tahu

Adapun Wina di Austria menjadi posisi teratas sebagai kota layak huni di dunia. Ibu kota Austria ini baru saja menggeser Kopenhagen, Denmark berkat skor perawatan kesehatan yang lebih tinggi.

Sedangkan Zurich di Swiss dan Calgary dan Vancouver Kanada melengkapi lima besar sebagai kota layak huni di dunia.

“Selama dua tahun terakhir, peringkat kelayakan hidup global EIU sebagian besar didorong oleh pandemi Covid-19, dengan penguncian dan langkah-langkah jarak sosial yang memengaruhi skor untuk budaya, pendidikan, dan perawatan kesehatan di kota-kota di seluruh dunia,” tulsi laporan Indeks Liveability Global Economist Intelligence Unit 2022.

Baca Juga: Jangan Kaget! Penduduk Miskin di Daerah Ini Sedikit, Depok Salah Satunya

"Namun, dalam survei terbaru kami, indeks telah menjadi normal, karena pembatasan telah dicabut di banyak negara," tulis laporan tersebut.

Kemudian, satu-satunya kota non-Eropa atau Kanada yang masuk dalam 10 besar kota paling layak huni adalah Osaka, Jepang. 

Sementara itu, kota-kota lain di Down Under tidak berjalan dengan baik, kata EIU. Baik Australia dan Selandia Baru sebenarnya diuntungkan karena penutupan perbatasan pada awal 2021, yang membuat kasus Covid tetap turun dan kehidupan relatif normal.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa China belum mendapat manfaat dari pencabutan pembatasan Covid. Malah wabah virus mengarah ke penguncian ketat. Lalu invasi Rusia ke Ukraina membuat Kyiv dikeluarkan dari daftar kota paling layak huni.

EIU mengatakan kota-kota diberi peringkat pada lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif di lima kategori besar seperti stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Berikut 10 kota paling layak huni di dunia:

1. Wina, Austria

2. Kopenhagen, Denmark

3. Zurich, Swiss

4. Calgary, Kanada

5. Vancouver, Kanada

6. Jenewa, Swiss

7. Frankfurt, Jerman

8. Toronto, Kanada

9. Amsterdam, Belanda

10. Osaka, Jepang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini